Pembatasan Jadwal Terbang per Jam Cegah Penumpukan Penumpang di Bandara

Jum'at, 12 Juni 2020 - 18:18 WIB
loading...
Pembatasan Jadwal Terbang per Jam Cegah Penumpukan Penumpang di Bandara
Pembatasan kapasitas terminal bandara dengan cara slot time atau jadwal terbang dikelola untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang bertumpuk. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama stakeholder perhubungan udara berupaya mengantisipasi agar tidak terjadinya penumpukan calon penumpang pesawat di terminal bandara.

Seperti diketahui regulator perhubungan udara telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No 13 Tahun 2020 . SE tersebut menyebutkan pengaturan penerbangan dari slot time (jadwal terbang) maskapai. Di sisi lain kapasitas terminal bandar udara juga ditetapkan paling banyak 50% dari masa peak season.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, dalam SE tersebut pihaknya juga mengatur pembatasan kapasitas terminal bandara dengan cara slot time atau jadwal terbang dikelola untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang bertumpuk.

“Kami juga mengatur slot time kapasitas bandara, penerbangan dan rute. Termasuk panduan untuk operator bandara, maskapai dan navigasi. Semua aturan berdasarkan surat edaran ini kami awasi dan kendalikan kalau terjadi pelanggaran,” ungkapnya dalam webinar di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Operator pesawat juga diwajibkan membersihkan tempat duduk dan ruang pesawat secara rutin melalui penyemprotan desinfektan. “Termasuk health self monitoring yang ditujukan kepada awak pesawat, kabin engineer serta navigator penerbangan,” tuturnya.

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengakui memang cukup sulit mengantisipasi calon penumpang yang datang ke bandara di waktu bersamaan.

“Tapi ini tantangan bagi kami. Membatasi penumpang datang di waktu bersamaan di bandara, ditambah adanya jaga jarak di terminal bandara kami antisipasi supaya bagaimana penumpang menyelesaikan persyaratan dokumen sebelum tiba ke terminal bandara,” ujarnya kepada SINDO Media. (Baca juga : AP II Catat Penumpang Pesawat Meningkat di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru )

Sebagai informasi, untuk terminal II Bandara Internasional Soekarno-Hatta slot atau jadwal penerbangan per jam dibatasi maksimal lima penerbangan per jam.

Adapun, rata-rata jumlah penerbangan untuk tiga terminal di Bandara Soekarno-Hatta bisa mencapai 80 penerbangan per jam dengan penerbangan per jam paling tinggi berada di terminal 3.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)