Dukung Transportasi IKN Nusantara, Anggaran Rp5,43 miliar Disiapkan

Rabu, 09 Februari 2022 - 16:03 WIB
loading...
Dukung Transportasi IKN Nusantara, Anggaran Rp5,43 miliar Disiapkan
Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menilai, anggaran tersebut digunakan untuk mempersiapkan pembangunan transportasi darat di IKN Nusantara dan sekitarnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) melalui Ditjen Perhubungan Darat menganggarkan sebesar Rp5,43 miliar dalam rangka mendukung transportasi di kawasan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menilai, anggaran tersebut digunakan untuk mempersiapkan pembangunan transportasi darat di IKN dan sekitarnya.

"Jadi kami dari Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung kawasan IKN telah menganggarkan anggaran senilai Rp5,43 miliar atau tepatnya Rp.5.427.800.000," kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam RDP bersama Komisi V DPR RI, Rabu (9/2/2022).



Budi Setiyadi mengatakan, moda transportasi usulan yang disusun disesuaikan dengan kondisi jalan, jaringan dan tingkat permintaan penumpang sesuai angkutan masal melayani koridor-koridor transportasi di Ibu Kota baru .

“Kemudian rincian anggaran tersebut digunakan untuk penyusunan analisis dampak lalu lintas di IKN sebesar Rp1,2 miliar, penyusunan masterplan DED Terminal Tipe A KIPP IKN dan penyusunan studi kelaikan atau feasibility study Rp1,09 miliar,” urainya.



Tak hanya itu, pembangunan fasilitas pendukung dan integrasi moda di IKN senilai Rp1,3 miliar, Penyusunan Desain Intelegent Transort System (ITS) di IKN sebesar Rp800 juta, dan studi penerapan sarana dan prasarana transportasi darat.

“Selain transportasi darat, Kemenhub juga akan membangun transportasi Sungai, Danau, dan penyeberangan yang bertujuan sebagai alternatif perjalanan di sekitar IKN,” pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)