Jawa Timur kebagian 100 unit converter kit

Selasa, 23 Oktober 2012 - 17:29 WIB
Jawa Timur kebagian 100 unit converter kit
Jawa Timur kebagian 100 unit converter kit
A A A
Sindonews.com - Minimnya infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hanya membagikan 100 unit converter kit di Jawa Timur (Jatim). Hal itu meyusul tidak siapnya infrastruktur di provinsi tersebut.

"Tahun ini hanya Surabaya, Gresik dan Sidoarjo dibagikan 100 unit converter kit karena memang infrastrukturnya belum siap," kata Kasubbag Evaluasi dan laporan Ditjen Migas Kementrian ESDM I Wayan Dharma Yudha di Surabaya, Selasa (23/10/2012).

Sebanyak 100 unit converter kit ini dibagikan gratis kepada sejumlah mobil dinas, taksi dan sebagian angkutan umum. Sebenarnya, program ini sudah ada sejak tahun 2011 lalu. Ditjen Migas membagikan converter kit sebanyak 500 unit, untuk di Palembang 200 unit dan Jakarta 300 Unit.

Dia menjelaskan, memang masih ada empat SPBG yang sudah beroperasi di Surabaya. Empat SPBG tersebut, lanjutnya, kondisinya masih tidak menentu, yakni kadang beroperasi dan kadang tidak. Tahun ini akan dibangun empat SBPG lagi yang masih dalam proses.

"Nanti akan ada delapam SPBG, yang empat SPBG sudah beroperasi," ujarnya.

Pembangunan SPBG ini juga bertujuan untuk mendorong program pemerintah dalam konversi bahan bakar minyak ke gas. Dia juga mengatakan, investasi untuk pembangunan SPBG ini, lanjutnya, sekitar Rp2 miliar per SPBG.

Selain itu, juga pertimbangan pasokkan gas dan alokasi gas di Jatim. Untuk Jawa Timur ini sudah mengadakan perjanjian dengan West Madura Offshare dan Santos.

Target kedepan untuk konversi Bahan Bakar Gas (BBG), pada tahun 2014 wilayah Jawa-Bali sudah terpenuhi karena infrastruktur sudah tertata. "Untuk Idealnya berapa SPBG yang dibutuhkan untuk Jawa-Bali masih diperhitungkan dengan jumlah kendaraan yang menggunakan converter kit ini. Bersamaan dengan sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Dia menyebut, pada tahun 2013 mendatang ada beberapa wilayah yang sedang dipersiapkan untuk pembangunan SPBG, seperti Palembang, Medan, Balikpapan dan Samarinda. "Ada 13 SPBG yang dibangun oleh Pertamina dengan biaya APBN," jelasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7122 seconds (0.1#10.140)