Pengrajin Tahu Tempe Ungkap Kedelai Lokal Bikin Semua Pihak Sejahtera

Senin, 14 Februari 2022 - 15:55 WIB
loading...
Pengrajin Tahu Tempe Ungkap Kedelai Lokal Bikin Semua Pihak Sejahtera
Pengrajin tahu tempe sebut kedelai lokal lebih nikmat rasanya. Foto/EkoPurwanto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gabungan Koperasi Tahu Tempe ( Gakoptindo ) mendesak pemerintah untuk menggenjot produksi kedelai lokal. Pasalnya, harga kedelai dunia yang fluktuatif serta berbagai alasan lain.



Ketua Umum Gabungan Koperasi Tahu Tempe (Gakoptindo) Aip Syarifuddin menjelaskan, sistem perdagangan kedelai di dunia, mengikuti pasar. Sekarang ini, produsen kedelai terbesar dunia seperti di Amerika, Argentina, dan Brazil terdampak cuaca sehingga produksi kedelai menurun.

Selain itu, permintaan kedelai dari China yang biasanya 75 juta ton per tahun, namun tahun ini melonjak naik menjadi 98 juta ton.

"Sehingga permintaan kedelai dunia itu meningkat, stoknya terbatas, maka otomatis harga kedelai impor menjadi naik," kata Aip saat berdialog di sebuah televisi swasta, Senin (14/2/2022).



Dari persoalan ini, Aip meminta agar pemerintah bisa menggenjot produksi kedelai lokal. Selain karena harga lebih murah, dia bilang, kedelai lokal juga lebih bergizi dibandingkan kedelai impor.

"Kami meminta pemerintah untuk bisa memproduksi kedelai lokal. Karena kedelai lokal itu sangat bagus untuk dibuat tahu. Kedua, kedelai lokal itu lebih bergizi daripada kedelai impor. Rasanya juga lebih enak," ungkapnya.

Lajut Aip menuturkan, jika pemerintah bisa merealisasikannya ia yakin dampak baik akan menghampiri. Petani sejahtera, pengrajin sejahtera, masyarakat yang mengonsumsi pun ikut sejahtera karena harga murah dan lebih sehat.



"Kami sangat berharap, tingkatkan kedelai lokal, kami siap membeli," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)