Sukseskan Side Events G20, Pemangku Kepentingan Pariwisata Tekankan Disiplin Prokes

Sabtu, 19 Februari 2022 - 10:20 WIB
loading...
Sukseskan Side Events G20, Pemangku Kepentingan Pariwisata Tekankan Disiplin Prokes
Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan side events G20. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholders) pariwisata di destinasi yang menjadi lokasi penyelenggaraan side events G20 memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Selain untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan, hal itu juga dilakukan dalam rangka menyukseskan pertemuan G20 yang dihelat nyaris sepanjang tahun ini.

Sebagai informasi, Bali sebagai primadona pariwisata Indonesia akan menjadi pusat penyelenggaraan KTT G20 . Namun, rangkaian acara lainnya juga disebar di 19 kota atau destinasi wisata di Indonesia, di mana 5 di antaranya adalah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yaitu Labuan Bajo , Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Danau Toba.

Labuan Bajo sebagai salah satu lokasi side meeting events pun terus berbenah. Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) yang merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga terus memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat guna menghindari meluasnya penularan Covid-19.



Prokes berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental sustainability) diterapkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke destinasi eksotis di kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina mengatakan, dengan perkembangan kondisi yang ada saat ini pihaknya menjamin kawasan wisata Labuan Bajo aman dikunjungi.

“Status penularan Covid-19 saat ini di Manggarai Barat tergolong cukup rendah dengan kasus sebagian besar berasal dari pendatang,” kata Shana Fatina di Labuan Bajo, NTT, dikutip Sabtu (19/2/2022).

Pihaknya mencatat hingga 12 Februari 2022, dari total jumlah pemeriksaan terhadap 666 orang, jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 26 orang dan negatif sebanyak 640 orang, sehingga positivity rate di Manggarai Barat sebesar 3,9%.

Sejak ditemukan kasus pertama pada 30 April 2020, total kasus konfirmasi positif Covid-19 per 12 Februari 2022 sebanyak 5.309 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)