BNI Siapkan Layanan Beyond Banking untuk 8 Juta Diaspora Indonesia

Sabtu, 19 Februari 2022 - 21:00 WIB
loading...
BNI Siapkan Layanan Beyond Banking untuk 8 Juta Diaspora Indonesia
(Ki-ka) Dirut BNI Royke Tumilaar, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan di acara Silaturahmi Daring Diaspora Indonesia, Sabtu (19/2/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menegaskan komitmennya untuk menjembatani diaspora yang saat ini diperkirakan mencapai 8 juta orang yang tersebar di seluruh dunia di dalam ekosistem bisnis internasionalnya.

Dengan dukungan tersebut, diaspora diharapkan dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam mempercepat pemulihan Indonesia dari dampak pandemi Covid-19.Hal itu juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menekankan perlunya dukungan perbankan nasional terhadap para diaspora.

"Kolaborasi diaspora dengan perbankan nasional merupakan upaya untuk terus menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, mendorong UMKM dalam negeri untuk go global, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri," ujar Erick Thohir dihadapan ratusan diaspora secara virtual dalam acara Silaturahmi Daring dengan Perwakilan Diaspora Indonesia, Sabtu (19/2/2022).



Pada kesempatan itu, Erick berbincang-bincang dengan perwakilan diaspora yang tersebar di lima kota dimana terdapat Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI, yaitu Seoul, Tokyo, Hong Kong, New York, London, dan Singapura.

Pada perhelatan ini, Menteri BUMN menyaksikan rangkaian dukungan BNI pada para diaspora. Dukungan yang diberikan antara lain Bantuan Program Indonesia Diaspora Network (IDN) di Hongkong; Bantuan Pendidikan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) diKorea Selatan; Bantuan Pembangunan Masjid Indonesia Pertama dan Dukungan bagi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris untuk Program Inkubasi Bisnis Inggris; serta Dukungan Promosi Product Indonesia pada Vending Machine Indonesian Food di Tokyo.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar yang juga hadir di acara tersebut mengatakan, BNI berkepentingan untuk menghubungkan ekosistem diaspora ini dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan menyediakan platform digital yang andal bagi berbagai kebutuhan layanan perbankan diaspora di luar negeri.

"Konsep platform itu sendiri tidak terbatas pada pelayanan transaksi keuangan, melainkan juga berbagai kebutuhan yang melampaui pelayanan perbankan tradisional," jelasnya.

Komunitas diaspora di luar negeri, kata dia, merupakan ceruk bisnis luar biasa dalam ekosistem bisnis internasional BNI, seperti layanan perbankan pada pelaku mikro, kecil, dan menengah (UMKM), multinational company global maupun regional, korporasi dan anak perusahaan Indonesia di luar negeri, hingga financial institution atau investor.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)