Sertifikasi Halal Bagi Usaha Cilik Bakal Lebih Mudah dan Cepat

Selasa, 22 Februari 2022 - 12:45 WIB
loading...
Sertifikasi Halal Bagi Usaha Cilik Bakal Lebih Mudah dan Cepat
Ilustrasi UMKM kue dan roti. Foto/Dok SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Direktur Industri Produk Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasar menyampaikan, sertifikasi halal bagi usaha mikro dan kecil (UMK) nantinya akan jauh lebih mudah dan penerbitan sertifikatnya juga bisa lebih cepat.

"Proses sertifikasi halal untuk usaha mikro dan kecil ke depannya akan dilakukan melalui proses yang lebih simpel. Kita menyebutnya 'Proses pernyataan pelaku usaha',” ujarnya dalam dialog di IDX Channel, Selasa (22/2/2022).



Dia menjelaskan, untuk pelaku usaha dengan risiko rendah dan juga proses produksi sederhana, sertifikasi halalnya tidak perlu lagi dilakukan melalui serangkaian proses audit.

“Jadi, cukup dengan 'Pernyataan pelaku usaha', dan adanya pendamping PPH (Proses Produk Halal) nanti penerbitannya bisa lebih cepat," terang Afdhal.

Dengan cara yang lebih sederhana dan cepat ini, kata dia, diharapkan UMK seluruh Indonesia bisa berkesempatan memperoleh sertifikat halal untuk produk-produk yang dihasilkan dan akan dijual.



"Dalam beberapa tahun ke depan akan coba kita kejar supaya UMK di seluruh Indonesia bisa bersertifikasi halal dalam jumlah yang cukup banyak," bebernya.

Dia menambahkan, KNEKS bersama dengan 16 kementerian dan kembaga (K/L) akan membentuk gugus tugas yang khusus akan melakukan percepatan setifikasi halal bagi UMK.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)