Mau Jadi Eksportir di Usia Muda? Ini Strategi Jitunya

Kamis, 24 Februari 2022 - 13:00 WIB
loading...
Mau Jadi Eksportir di Usia Muda? Ini Strategi Jitunya
Medsos bisa menjadi andalan untuk menembus pasar ekspor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki potensi ekspor yang masih sangat besar. Potensi itu tecermin dari data Kementerian Perdagangan selama Januari-Desember 2021, saat capaian ekspor Indonesia mencapai USD231,54 miliar atau Rp3.315,42 triliun naik 41,88% dibanding periode yang sama pada 2020.



Eksportir sekaligus Brand Owner Smitten by Pattern, Laras Anggraini, mengungkapkan, potensi ekspor ini tentu saja akan menjadi kesempatan sekaligus peluang bisnis yang panjang bagi anak muda Indonesia. Apalagi, kata Laras, saat ini upaya pemasaran produk dapat efektif dilakukan melalui pemanfaatan media sosial.

"Smitten by Pattern salah satu brand yang lahir dan besar dari media sosial. Kami memanfaatkan semua media sosial untuk menembus pasar internasional," ungkap Laras, Dalam GueMuda Webinar Series bertajuk "Muda, Sukses, Mendunia: Export Opportunity for Young Entrepreneur", dikutip, Kamis (24/2/2022).

Laras bercerita, Smitten by Pattern merupakan produsen aksesoris, pakaian, hingga perabotan rumah yang awalnya hanya berfokus pada keunikan produk. Setelah riset yang cukup, ia menyadari bahwa brand mereka memiliki peluang untuk menembus pasar di negara lain.

Tanpa menunggu waktu yang lama, Laras pun menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial dengan menggunakan konten berbahasa Inggris, mengikuti isu-isu yang relevan untuk audiens internasional, serta memasang iklan yang spesifik ke negara-negara potensial.

Ia juga menjalin kerja sama dengan influencer atau brand ambassador lain di luar negeri demi membuka jalan produknya ke pasar internasional sebagai bentuk strategi pemasaran.



"Jadi follower kami dari Singapura ternyata lebih banyak dari Bekasi, Depok, dan Bandung. Ini menandakan seberapa besar kesempatan yang bisa dikembangkan dari brand lokal," kata Laras.

Pada kesempatan yang sama, eksportir yang juga Founder AVA Natural, Regina Vianney Ayudya, mengakui ada ketakutan saat dirinya memulai bisnis ekspor mulai dari modal, cara pemasaran, hingga hal-hal detail yang harus belum ia ketahui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)