Geliat Aktivitas Ekspor Impor Dongkrak Penerimaan Negara

Rabu, 23 Februari 2022 - 20:27 WIB
loading...
Geliat Aktivitas Ekspor Impor Dongkrak Penerimaan Negara
Ekspor impor mendorong kenaikan penerimaan negara. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan percepatan pemulihan ekonomi , pendapatan negara mencatatkan kinerja positif, yang utamanya didorong oleh tumbuhnya penerimaan perpajakan, penerimaan kepabeanan dan cukai, serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Penerimaan kepabeanan dan cukai awal tahun ini telah mencapai Rp24,9 triliun atau tumbuh 99,4%.



“Bea masuk kita tumbuh 44%, cukai tumbuh 97,9% dan bahkan bea keluar tumbuhnya 225,8%," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Rabu (23/2/2022).

Sri menguraikan bea masuk tumbuh didorong oleh kinerja impor nasional, terutama kebutuhan bahan baku industri termasuk otomotif. Untuk cukai pertumbuhannya dipengaruhi oleh implementasi kebijakan pelunasan cukai dan pengawasan dibidang cukai, serta kebijakan pembukaan daerah tujuan wisata. Sedangkan bea keluar tumbuh didorong oleh tingginya harga produk kelapa sawit dan peningkatan ekspor tembaga.



“Insentif fiskal tetap kita berikan dan untuk bea dan cukai diberikan Rp674 miliar, terutama tetap didominasi untuk bidang kesehatan, insentif di bidang alat-alat PCR, obat-obat anti-virus, oksigen, masih mencapai Rp84 miliar. Ini pada saat kita mengantisipasi lonjakan Omicron kerena kita menjaga keselamatan masyarakat, juga sebesar Rp590 miliar dalam bentuk impor vaksin," terangnya.

Di bulan Januari PNBP juga menunjukkan kenaikan yang sangat tinggi. PNBP berkontribusi Rp22 triliun terhadap penerimaan atau telah mencapai 6,6% dari target. Menkeu kembali menjabarkan PNBP dalam bentuk SDA migas mengalami lonjakan 281,8% atau mencapai Rp8,8 triliun.



“PNBP di bidang SDA, sumber daya alam non-migas, kita juga lihat kenaikannya 26,9% terutama didukung oleh harga dari sumber daya alam non-migas seperti nikel dan juga tembaga, emas dan perak," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)