Pembukaan Mal Bisa Jadi Sentimen Positif Penguat Rupiah

Senin, 15 Juni 2020 - 08:26 WIB
loading...
Pembukaan Mal Bisa Jadi Sentimen Positif Penguat Rupiah
Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sepanjang perdagangan hari ini, kurs rupiah terhadap dolar diprediksi akan menguat. Pasalnya, pekan lalu rupiah sempat berfluktuasi dan sedikit tertekan karena kekhawatiran akan risiko global yang meningkat akibat indikasi gelombang kedua Covid-19. Nah akhir pekan kemarin, risiko pasar global terlihat aman.

“Jadi, kelihatan pekan ini rupiah akan lebih menguat ya posisinya,” kata Hans Kwee, Direktur PT Anugrah Mega Investama, kepada Sindonews, Senin (15/6/2020). ( Baca: Ekonom: Pembukaan Mal Bisa Tekan Perlambatan Ekonomi )

Prediksi penguatan rupiah ini juga ditopang oleh sejumlah fakor lain, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pertama, setelah pelemahan, biasanya market akan rebound. Kedua, espektasi bahwa gelombang kedua Covid relatif rendah sehingga mendorong pasar keuangan dunia menguat.

“Setiap kali risiko global turun, maka dolar itu melemah. Itu jadi sentimen positif bagi rupiah,” tambah Hans.

Dari domestik faktor pendorong penguatan rupiah adalah penerapan PSBB transisi. Pembukaan sejumlah mal dianggap bisa menggerakkan perekonomian sehingga menjadi sentimen positif bagi penguatan rupiah.

“Jika PSBB transisi dianggap bisa memulihkan perekonomian nasional maka akan jadi sentimen positif bagi rupiah,” kata Hans.

Meski demikian, rupiah tetap dihantui oleh pelemahan akibat tekanan yang mungkin timbul dari pandemi Corona. Salah satunya, peningkatan jumlah pasien positif.

Hans kemudian memproyeksikan pergerakan rupiah di sepanjang hari ini.

“Resistance Rp14.152 sampai Rp14.280. Sementara support di level Rp14.000 sampai Rp13.930,” tutupnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)