Dukung Destinasi Prioritas, Jokowi Sebut Tol Manado-Bitung Dilanjut Hingga Likupang

Jum'at, 25 Februari 2022 - 18:09 WIB
loading...
Dukung Destinasi Prioritas, Jokowi Sebut Tol Manado-Bitung Dilanjut Hingga Likupang
Ilustrasi pantai di Likupang. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Tol Manado-Bitung akan disambungkan hingga Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). Saat ini tol sepanjang 39,8 kilometer (Km) telah resmi beroperasi.

Jokowi mencatat, integrasi Tol Manado-Bitung ke arah Likupang akan dilakukan setelah semua pembangunan infrastruktur di Likupang rampung. Sebagai catatan, Likupang merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Secara geografis, Likupang berada di kabupaten Minahasa Utara yang berjarak 48 kilometer (Km) dari kota Manado.



"Jalan tol ini (Manado-Bitung) akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang, dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung, dan juga nantinya kita arahkan menuju ke Likupang, bila likupang sudah selesai semuanya," papar Jokowi, Jumat (25/2/2022).

Pengembangan infrastruktur di Likupang memang menjadi fokus pemerintah. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno beberapa waktu lalu mengajak para investor agar berinvestasi untuk pembangunan sarana dan prasarana di Likupang.



“Pemerintah akan mendukung pengembangan destinasi super prioritas Likupang dengan membangun berbagai infrastruktur,” kata Menparekraf.

Selain negara, pihak swasta pun diharapkan bisa berkontribusi pada pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut. Menurut Sandiaga, pemerintah bergerak cepat sesuai arahan presiden Jokowi untuk menyiapkan DPSP.



Pasalnya, dalam sidang kabinet paripurna, Kepala Negara telah memerintahkan agar semua pembangunan infrastruktur DPSP termasuk Likupang rampung sebelum akhir 2023.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)