Wamendag Jerry Apresiasi Keamanan Pasokan Minyak Goreng di Batam

Senin, 28 Februari 2022 - 19:00 WIB
loading...
Wamendag Jerry Apresiasi Keamanan Pasokan Minyak Goreng di Batam
Wamendag Jerry Sambuaga saat kunjungan kerja ke Batam. Foto/Kemendag
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengapresiasi kerja sama semua pihak sehingga pasokan minyak goreng di Batam terpenuhi dengan harga yang terjangkau. Menurut Jerry implementasi permendag mengenai harga eceran tertinggi untuk tiga jenis minyak goreng hanya akan terlaksana dengan baik jika didukung oleh semua pihak.



Beberapa pihak yang diapresiasi oleh Wamendag Jerry Sambuaga adalah Wali Kota Batam, para pengusaha baik produsen, distributor maupun pedagang, serta jajaran Tim Kemendag yang turun langsung untuk memantau distribusi minyak goreng.

“Tidak lupa tentu kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang turut menunjang kerja sama antar stakeholder sehingga suplai dan harga minyak goreng aman di Kepri, khususnya Batam,” kata Jerry, saat melakukan kunjungan ke Pasar Puja Bahari dan Pasar Bida Trade Centre (BTC) di Kota Batam, dikutip Senin (28/2/2022).

Pengusaha dari tingkat produsen, distributor hingga pedagang memegang peran penting karena menurut Jerry mereka yang memegang rantai pasok semua produk termasuk minyak goreng. Sementara pemerintah mulai dari pemertintah kota, pemerintah provinsi hingga Kementerian Perdagangan memberikan fasilitasi dan berbagai upaya di sektor regulasi dan pengawasan.

Minyak goreng di Kota Batam mengikuti ketentuan harga eceran tertinggi. Untuk minyak goreng kemasan tipe premium dijual dengan harga Rp14.000 setiap liter. Dua tipe minyak goreng lain, yaitu tipe kemasan biasa dan tipe curah juga dijual dengan mengikuti ketentuan mengenai harga eceran tertinggi.



Secara keseluruhan Jerry melihat sistem rantai pasok minyak goreng di Kota Batam sudah berjalan dengan sangat baik. Hal itu terjadi baik di pasar rakyat maupun pasar modern.

“Tentu ada beberapa tantangan, tetapi secara keseluruhan saya kira sudah baik. Saya sudah mendengar beberapa kemungkinan perbaikan dan kami siap untuk berkoordinasi lintas kementerian nanti agar perbaikan itu bisa terwujud,” tambah Jerry.

Lebih jauh Jerry melihat bahwa sektor perdagangan di Batam bisa terus dikembangkan. Apalagi banyak juga warga Singapura yang berbelanja kebutuhan sehari-hari ke Batam. Untuk itu ketersediaan fasilitas dan suplai barang harus terus dijaga.



“Kita berharap pasar di Kota Batam makin nyaman bagi siapa saja yang berbelanja, baik penduduk Batam maupun warga Singapura. Dengan demikian pedagang-pedagang akan makin sejahtera dan Batam bisa lebih berkontribusi kepada perekonomian pulau-pulau di sekitarnya,” tandas Jerry.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)