Empati di Tengah Pandemi, Kemenparekraf Gunakan Logo Thoughtful Indonesia

Jum'at, 24 April 2020 - 08:26 WIB
loading...
Empati di Tengah Pandemi, Kemenparekraf Gunakan Logo Thoughtful Indonesia
Kemenparekraf untuk sementara waktu mengunakan logo Thoughtful Indonesia di masa pandemi Covid-19. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Pemerintah selama ini menggunakan branding "Wonderful Indonesia" untuk mempromosikan pariwisata RI di mancanegara. Namun, di masa pandemi Covid-19 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk sementara waktu mengunakan logo “Thoughtful Indonesia”.

Kendati demikian, Kemenparekraf menegaskan logo tersebut bukan untuk menggantikan branding “Wonderful Indonesia” yang selama ini digunakan sebagai instrumen kampanye pariwisata Indonesia kepada wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menjelaskan, “Thoughtful Indonesia” merupakan kontekstual logo yang menyerupai logo "Wonderful Indonesia" agar berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam situasi tanggap darurat Covid-19 ke publik, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Banyak pertanyaan yang datang, apakah branding 'Wonderful Indonesia' sudah diganti? Sekali lagi, itu bukan mengganti logo 'Wonderful Indonesia' yang merepresentasikan brand promise institusi dan branding utama kita. Namun, 'Thoughtful Indonesia' ini adalah logo kontekstual yang menyerupai logo Wonderful Indonesia agar related dengan pesan yang kami mau bawa dalam situasi krisis ini," ujar Wishnutama dalam pernyataannya, Kamis (23/4/2020).

Dia melanjutkan, "Thoughtful Indonesia" juga menjadi landasan utama Kemenparekraf untuk menghadirkan program-program yang bijaksana atau thoughtful guna membantu pelaku dan pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak Covid-19.

Wishnutama juga menjelaskan, pihaknya menggunakan logo "Thoughtful Indonesia" untuk menunjukkan empati tertinggi dari sektor pariwisata terhadap kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, logo tersebut juga mendapat apresiasi dari publik di Eropa sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi oleh WHO.

“Ini salah satu bagian dari soft promotion juga ke luar, dan kami mendapat laporan bahwa publik di Eropa mengapresiasi hal tersebut. Ini bagian dari kami untuk mengkomunikasikan bahwa kita berempati dengan situasi saat ini dan We are still Wonderful in many ways,” katanya.

Tak hanya pariwisata Indonesia, menurut Wishnutama, banyak merek besar lainnya melakukan perubahan logo kontekstual di masa pandemi. "Jadi kontekstual logo ini sementara digunakan dan strategi ini juga sudah banyak dikenal di dunia internasional," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2637 seconds (0.1#10.140)