Dorong UMKM Lokal sebagai Duta Pariwisata pada Side Event Presidensi G20

Rabu, 09 Maret 2022 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Selain itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) sebagai satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk koordinasi yang telah terjalin selama ini guna menyukseskan ajang internasional tersebut.

Hal senada diutarakan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong yang juga Ketua Umum Bakohumas Pemerintah. Menurut dia, Presidensi G20 adalah momen yang tepat untuk pemulihan ekonomi dan pariwisata.

"Pandemi Covid-19 memberikan tantangan kepada semua sektor dalam skala global terutama dalam sektor pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan asing mengalami penurunan 75% di tahun 2021 lalu. Jadi, kita harus pulih dari Covid-19 dan Presidensi G20 adalah momen yang tepat untuk membangun pemulihan ekonomi dan pariwisata,” ujarnya.

“Dengan mengusung kearifan lokal, G20 digelar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Labuan Bajo dan hal ini secara langsung dapat menggerakkan ekonomi daerah terutama mendukung kebangkitan ekonomi local," lanjut Usman.

Sebagai momentum pemulihan ekonomi, Presidensi G20 yang diselenggarakan di beberapa tempat di Indonesia termasuk di Labuan Bajo sudah dipersiapkan sebaik mungkin.

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina mengatakan, koordinasi untuk menyambut event G20 telah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

"Saat presiden Joko Widodo pertama kali mengatakan Labuan Bajo menjadi venue event G20, kami langsung berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, serta pentahelix untuk menyiapkan itu semua,” ungkapnya pada acara yang sama.

Shana melanjutkan, persiapan tersebut baik dari segi amenitas, aksesibilitas, maupun atraksi, dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) serta ekosistem ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk mewujudkan Labuan Bajo yang layak sebagai tuan rumah ajang internasional.

Menurut dia, manfaat Presidensi G20 sebagai pemulihan ekonomi juga memberi dampak positif kepada UMKM lokal sebagai duta pariwisata.

Saat ini BPOLBF juga sudah merancang sejumlah program untuk mendukung penyelenggaraan G20 dengan mengutamakan keterlibatan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)