Startup Delos Dorong Pengembangan SDM di Sektor Maritim

Selasa, 15 Maret 2022 - 16:11 WIB
loading...
Startup Delos Dorong Pengembangan SDM di Sektor Maritim
Delos mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor kemaritiman. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Perusahaan startup aquatech Delos mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor kemaritiman agar makin kompetitif di kancah bisnis global . Mengusung program Institut Maritim Delos (DMI), program ini menyasar kampus-kampus yang memiliki jurusan studi akuakultur yang digarap bersama akademisi dan pelaku usaha.

"Program DMI dirancang sesuai dengan standar pelatihan yang didesain untuk mempersiapkan mahasiswa semester akhir yang akan segera lulus, untuk nantinya bisa bergabung dan siap bekerja di industri budidaya udang," kata Senior Scientific Officer Delos, Julie Ekasari melalui pernyataannya, di Jakarta, Selasa (15/3/2022).



Menurut dia, Delos sebagai pelaku bisnis di industri aquatech menyadari pentingnya mengembangkan SDM yang mumpuni. Persoalannya, mahasiswa yang telah lulus belum tentu siap untuk bekerja, apalagi industri ini berkaitan dengan makhluk hidup dengan kondisi yang fluktuatif.

CEO Delos Guntur Mallarangeng optimistis ke depan Indonesia akan menjadi eskportir udang terbesar. Dengan garis pantai sepanjang 54.000 km, sumber daya manusia pesisir yang melimpah, serta iklim tropis yang menunjang, sudah seharusnya Indonesia mampu menjadi pemimpin global untuk akuakultur yang berkelanjutan. Sebab itu, pihaknya menginisiasi program tersebut.

"Bukan sekedar pelatihan biasa, akan ada learning outcome yang jadi target utama, serta pengetahuan teori dan lapangan yang sudah dikurikulumkan dalam standar S1 dan D3," kata dia.

Startup yang berangkat dari tambak udang konvensional Dewi Laut Aquaculture (DLA) dan sekaligus perwujudan digitalisasi dari Alune Aqua, berharap dapat membantu para petambak udang nusantara berevolusi biru menuju modernisasi tambak. Industri yang didominasi cara tradisional dan terfragmentasi itu diharapkan dapat bertransformasi menjadi tambak modern dan sistematis berbasis ilmiah.



Delos memadukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan praktik manajemen yang baik untuk meningkatkan produktivitas tambak udang dan meningkatkan hasil di atas rata-rata. Hingga nantinya menjadikan Indonesia negara yang memiliki industri budidaya nomor satu di dunia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)