Soal Masalah OSS, Menku Luhut Bawa-bawa Dua Triliuner Dunia, Kok?

Kamis, 17 Maret 2022 - 16:39 WIB
loading...
Soal Masalah OSS, Menku Luhut Bawa-bawa Dua Triliuner Dunia, Kok?
Menko Luhut B. Pandjaitan mengatakan sistem OSS masih belum sempurna. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui sistem digitalisasi Indonesia, yaitu online single submission ( OSS ), masih belum sempurna dan bermasalah karena kerap dikeluhkan sejumlah perusahaan besar. Namun demikian, menurut Luhut, sistem tersebut telah banyak membantu perizinan bagi pelaku UMKM.



"Mengenai OSS, memang kami masih menemukan ada masalah sana sini. Tapi success story mereka ini untuk yang skala UMKM sudah tidak ada masalah. Kalau yang besar memang memerlukan satu kerja sama yang besar lagi," kata Menko Luhut dalam Grand Launching Proyek Investasi Berkelanjutan di Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Menko Luhut mengakui sistem OSS masih membutuhkan banyak perbaikan ke depan. Menurutnya, bahkan bos Apple Steve Jobs dan bos Microsoft Bill Gates pun tidak akan bisa menyelesaikan masalah OSS dalam waktu singkat.



"Istilah dari team two bilang kayak begini ke saya, 'Suruh bangunin lagi Steve Jobs dari kuburannya sama Bill Gates untuk menyelesaikan (OSS), sehari juga enggak akan selesai, seminggu juga enggak akan selesai, katanya'," papar Luhut.

Luhut menambahkan, perbaikan sistem OSS di Indonesia membutuhkan data-data digital dari penjuru wilayah di Tanah Air. Setidaknya, membutuhkan 2.000 digital map dari kabupaten atau kota.



"Nah kita baru punya 56 (digital map). Itu harus kita genjot. Kalau itu selesai, secara bertahap semua dilakukan, kita akan jauh lebih hebat lagi ke depan," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)