BUMN 1/3 Kekuatan Ekonomi Indonesia, Erick Thohir Ramal Jadi 5 Besar Dunia

Kamis, 24 Maret 2022 - 09:32 WIB
loading...
BUMN 1/3 Kekuatan Ekonomi Indonesia, Erick Thohir Ramal Jadi 5 Besar Dunia
Indonesia diramal bakal memasuki masa kejayaan ekonominya pada tahun 2045 mendatang. Namun Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, potensi itu tentu tidak bisa datang dengan sendirinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia diramal bakal memasuki masa kejayaan ekonominya pada tahun 2045 mendatang. Pada tahun tersebut, Indonesia diramal bakal masuk dalam 5 besar ekonomi dunia dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai USD9.100 miliar.

Baca Juga: Usai Pagebluk Covid-19, Luhut Optimistis PDB Indonesia Akan Tumbuh hingga USD3 Triliun

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, potensi itu tentu tidak bisa datang dengan sendirinya. Perlu ada usaha dan upaya bersama agar bisa meujudkan hal tersebut. Caranya, lanjut Erick, adalah dengan mengoptimalkan peran BUMN dalam mendorong percepatan implementasi arah kebijakan ekonomi nasional .

“BUMN 1/3 kekuatan ekonomi Indonesia!” tegas Erick Thohir dalam sambutannya pada acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, BUMN, kata Erick Thohir, harus bisa mengoptimalkan segala potensi ekonomi yang ada. Jangan sampai, besarnya peluang ekonomi yang dimiliki Indonesia, malah dinikmati bangsa lain.

“Road map yang harus kita punyai, bukan road map China atau Amerika, tetapi road map Indonesia. Di mana BUMN berperan dan bertanggung jawab atas road map itu,” tegas dia.

Agar bisa mengoptimalkan peran tersebut, Erick terus mendorong seluruh BUMN mampu beradaptasi dan mampu menyesuaikan model bisnisnya dengan perkembangan zaman yang serba digital seperti saat ini.

Menurut data yang dimilikinya, pertembuhan eknomoni digital sudah mencapai Rp2.345 ribu triliun. “Apa rela market kita yang besar ini dipakai untuk pertumbuhan bangsa lain lagi? Padahal 273 juta penduduk Indonesia mayoritas generasi Z,” sambung Erick.

Di sisi lain, Erick Thohir juga menyinggung peran BUMN untuk bisa mengoptimalkan kekayaan alam Indonesia untuk sebesar-besarnya mendorong perekonomian nasional. “Sama juga dengan sumber daya alam, sampai kapan market kita yang besar ini dipakai untuk pertumbuhan bangsa lain, bukan untuk pertumbuhan bangsa ini,” sambung dia lagi.

Namun, BUMN tidak bisa bekerja sendirian. Butuh dukungan dari berbagai pihak untuk sama-sama terlibat dalam upaya mengoptimalkan peluang pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk merangsang keikutsertaan masyarakat agar bisa bergerak sejalan dengan mimpi pemerintah, butuh dukungan implementasi komunikasi dan literasi yang baik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3834 seconds (10.177#12.26)