Kunjungi Blok Migas Terbesar Kedua RI, Ini Pesan Sri Mulyani

Kamis, 24 Maret 2022 - 22:18 WIB
loading...
Kunjungi Blok Migas Terbesar Kedua RI, Ini Pesan Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani (tiga kiri), Dirut PHE Subholding Upstream Budiman Parhusip (kiri), Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini dan Dirut Pertamina Hulu Rokan Jaffee A Suardin di di Lapangan Minas, Riau, Kamis (24/3/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berbeda dari biasanya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani hari ini melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kerja (WK) Rokan di Riau. Sri Mulyani bahkan turun langsung mengunjungi salah satu lokasi pengeboran minyak di Lapangan Minas.

"Tetap jaga tingkat kompetensi dan prestasi untuk membuktikan kemampuan kita dalam mengelola sumber daya alam kita," kata Sri Mulyani dalam siaran pers, Kamis (24/3/2022).



Di Ruang Kendali Operasi (War Room) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Rumbai, Pekanbaru, Sri Mulyani berpesan agar WK migas terbesar kedua di Tanah Air yang kini dikelola oleh putra bangsa ini memberikan keuntungan lebih bagi bangsa dan negara.
Menkeu juga berpesan agar PHR terus mengembangkan dan melatih sumber daya manusia, baik yang ada di PHR maupun generasi muda yang berada di universitas-universitas di Provinsi Riau dan juga di seluruh Indonesia.

"Kebhinekaan cara berpikir merupakan kekuatan yang dimiliki oleh generasi produktif Indonesia," tegasnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Sri Mulyani didampingi langsung Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, Dirut PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream Budiman Parhusip, dan Dirut PHR Jaffee A Suardin.

"Belajar dari alih kelola di WK lain sebelumnya, persiapan Pertamina dalam alih kelola WK Rokan jauh lebih banyak sehingga mampu menjaga bahkan meningkatkan produksi," tutur Nicke dalam sambutannya.

Nicke menjelaskan, Subholding Upstream Pertamina pada tahun ini mencanangkan pengeboran 813 sumur pengembangan. Sebanyak 500 sumur di antaranya berada di WK Rokan.WK migas terbesar kedua Tanah Air ini menyumbang sepertiga total produksi minyak Pertamina atau hampir seperempat produksi nasional dengan rata-rata produksi tahunan sekitar 160 ribu barel minyak per hari (BOPD) pada periode September-Desember 2021.

Pada kesempatan tersebut, Dirut PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream Budiman Parhusip menjelaskan bahwa WK Rokan memiliki peran strategis dalam pemenuhan kebutuhan energi nasional."Seluruh hasil lifting WK Rokan diperuntukkan bagi konsumsi kilang domestik Pertamina guna mendukung ketahanan energi nasional," ujarnya.

Sementara, Dirut PHR Jaffee A Suardin menyampaikan bahwa PHR berhasil meningkatkan kinerja WK Rokan pasca-alih kelola. Di antaranya kenaikan tingkat produksi, biaya lifting yang makin rendah, peningkatan kegiatan pengeboran secara masif dan agresif, peningkatan keandalan fasilitas, dan tingkat efisiensi produksi yang terjaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)