Hobi Baru Masyarakat, Tanaman Juga Bisa Perkuat Keindahan Rumah

Rabu, 17 Juni 2020 - 13:55 WIB
loading...
Hobi Baru Masyarakat, Tanaman Juga Bisa Perkuat Keindahan Rumah
Foto/shutterstock
A A A
Merawat tumbuhan kini sudah menjadi hobi baru saat banyak orang beraktivitas di rumah saja. Selain tanaman disimpan begitu saja di halaman rumah, ada juga yang berinisiatif menjadikan tanaman sebagai bagian dari dekorasi rumah.

Bisakah tanaman mempercantik rumah? Jawabannya, bisa. Namun, tentu banyak yang harus diperhatikan. Sebab, tumbuhan ini bukan sekadar pajangan, juga berhak mendapat tempat layak sehingga tidak mengotori rumah.

Ferdian Khalif Rahmadani, Site Engineer & Architect PT Tiga Adi Rekabangun, mengatakan, tanaman di dalam rumah dapat membuat tubuh lebih rileks, tenang, dan segar. "Efek psikologis warna hijau itu menenangkan, santai, menyeimbangkan emosi juga," ucapnya. (Baca: PKS: Kami Sudah Menolak RUU HIP Sejak Awal)

Hal ini sangat cocok bagi mereka yang masih bekerja dan sekolah di rumah. Hal itu dapat membuat mata bisa istirahat dengan nyaman karena melihat tanaman hijau setelah menatap layar gadget.

Beberapa tanaman memiliki aroma khas. Ini juga dapat sebagai aroma terapi sekaligus pembersih udara di dalam rumah. Dia menyebut, rumah tidak "kering" karena tanaman juga menambah kelembapan di dalam rumah.

Tanaman di dalam rumah juga membuat aksen interior lebih segar. Di beberapa konsep seperti Scandinavian, tanaman ikut andil memberi warna di interiornya. Jadi, orang bakal lihat konsep interior lebih fresh menggunakan tanaman.

Meski begitu, ternyata beberapa tanaman tidak dianjurkan di dalam rumah karena dapat membuat efek buruk bagi orang di sekitarnya. Ferdian menyarankan, harus kenal apakah tanaman ini indoor atau bukan. Tanaman indoor, contohnya lidah buaya, lily, dan dracaena. Sementara tanaman yang paling bagus untuk aksen interior adalah monstera. (Baca juga: Melengkapi rumah dengan Musala Agar Lebih Nyaman Beribadah)

Selain jenis tanamannya, juga perlu diperhatikan bahwa tanaman di dalam rumah akan membuat dinding lembap. Penempatan tanaman juga harus benar karena tanaman terkadang membawa air. "Harus sedikit lebih diberi jarak ke tembok. Karena kalau tidak, tembok akan rawan jamur, atau catnya mengelupas kalau kena air," ujarnya.

Setelah disiram di luar ruangan rumah, tanaman tunggu lebih kering dahulu sebelum kembali lagi di ruangan. Kebersihan sekitar lantai juga harus menjadi pertimbangan.

Jangan lupa jika ingin mempercantik ruangan dengan tanaman, perlu pemilihan pot dan tanaman yang dapat menunjang aksen interior. Pot dan tanaman juga harus diperhatikan karena ini terkait kondisi jangka panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0794 seconds (0.1#10.140)