Jokowi Beri Restu, Joyland Festival Bali 2022 Momentum Kebangkitan UMKM

Sabtu, 26 Maret 2022 - 11:14 WIB
loading...
Jokowi Beri Restu, Joyland Festival Bali 2022 Momentum Kebangkitan UMKM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kabar gembira bagi para seniman dan pelaku kreatif Indonesia usai memberikan restu kepada Joyland Bali 2022 untuk menjadi festival terbesar sejak pandemi berlangsung dua tahun silam. Foto/Dok
A A A
BALI - Joyland Bali 2022 menjad i festival terbesar sejak pandemi berlangsung dua tahun silam. Menjadi momentum kebangkitan para pelaku industri kreatif di Indonesia.

Di acara yang didukung oleh Bank BRI ini, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memberikan kabar gembira bagi para seniman dan pelaku kreatif Indonesia.

"Kita patut bersyukur kasus harian turun menjadi 5.400 kasus per hari. Sehingga banyak daerah di posisi level 1 lagi. Oleh sebab itu pertunjukan semacam ini sudah diperbolehkan dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Jokowi, saat menghadiri Joyland Bali 2022, Jumat (25/3/2022).



Penyanyi Raisa Andriana yang jadi penampil di Joyland Bali, mengaku gembira mendapat kabar tersebut. "Semua sudah menanti-nantikan kapan kita bisa berkarya lagi. Bertatap muka lagi, kapan UMKM berjalan, semua saling berkaitan, dengan bantuan bapak Jokowi, bantuan BUMN semuanya kita kembali normal," kata Raisa.

Dia mengaku tak bisa tidur karena saking bersemangatnya untuk tampil di Joyland. Sudah dua tahun rindu untuk bernyanyi bertatap muka dengan penonton, para fotografer dan banyaknya orang yang terlibat dalam pertunjukan.

Festival yang disponsori BUMN, salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang membawa serta beberapa UMKM binaannya, menghadirkan pertunjukan musik, pemutaran film, lokakarya kreatif, komedi dan pasar UMKM berkumpul menjadi satu di Taman Bhagawan Nusa Dua, Bali

Para artis dan seniman yang hadir di Joyland Festival 2022 Raisa (Jakarta), Kunto Aji (Jakarta), Pamungkas (Jakarta), Isyana Sarasvati (Bandung), The Sigit (Bandung), Senyawa (Yogyakarta), Frau (Yogyakarta), Gabber Modus Operandi (Bali), Asep Nayak (Papua Barat), dan Herman Barus (Sumatera Utara).

Tak kalah menarik booth UMKM dengan hasil kesenian mereka yang dipamerkan. Satu di antaranya adalah Putu Sudiadnyani dengan usaha yang dijalankannya adalah art shop perak bernama Bara Silver yang berlokasi di belakang kantor desa Celuk.



Hasil karyanya tak diragukan lagi, desain buatannya terkenal mewah dan memiliki pasar menengah ke atas. Sebagai gambaran salah satu pelanggannya adalah artis dan desainer kondang Indonesia Ivan Gunawan.

Selama pandemi, dia mengalami kesulitan dalam penjualannya. Namun dengan pendampingan oleh Bank BRI, usahanya tidak jatuh semakin berkembang. Dia pun berhasil merestrukturisasi pinjaman modal akibat usahanya terdampak pandemi.

Kini banyak karyanya dipasarkan melalui sosial media di Instagram dan Tiktok. Untuk konsumen yang menginginkan harga terjangkau dia menyediakan bahan dari alpaka. Harga terjangkau dengan desain berkualitas tinggi. Selain itu masih banyak perajin yang merupakan usaha mikro yang menjadi binaan dari Bank BRI.

Hadir di acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ada juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)