Pelindo III bangun terminal modern di Tanjung Perak

Kamis, 07 Maret 2013 - 19:09 WIB
Pelindo III bangun terminal modern di Tanjung Perak
Pelindo III bangun terminal modern di Tanjung Perak
A A A
Sindonews.com - Rencana PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III membangun terminal penumpang modern di Pelabuhan Tanjung Perak terus berlanjut. Pasca penetapan pemenang lelang pekerjaan pembangunan terminal penumpang modern, terminal penumpang lama pun kini mulai dirobohkan.

Dua alat berat dan sejumlah pekerja sudah dikerahkan untuk membongkar terminal penumpang yang sudah digunakan sejak 1980-an itu. "Pembongkaran sudah dimulai sejak Senin kemarin, ada dua alat berat jenis backhoe di sana," kata General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Rismarture, seperti dilansir dari situs resmi Kementerian BUMN, Kamis (7/3/2013).

Pihaknya menargetkan, pekerjaan pembongkaran bangunan lama akan membutuhkan waktu satu bulan. Kini, perseoan sedang mempersiapkan pelelangan pekerjaan lanjutan berupa pekerjaan mechanical dan electrical, pengadaan dua unit garbarata, dan pengadaan mebelair (interior).

"Nanti akan diumumkan secara terbuka di media masa. Kapan pelelangan itu akan dilakukan, kita tunggu saja. Semua sedang dipersiapkan," ujarnya.

Sementara, pekerjaan pembangunan terminal penumpang modern masih menunggu proses pembokaran bangunan lama hingga selesai.

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan, kontraktor pelaksana pekerjaan pembangunan terminal modern, PT Hutama Karya akan memulai pembangunan terminal baru pada awal April 2013.

"Peletakan batu pertama ditargetkan awal April, menunggu proses pembongkaran bangunan lama benar-benar selesai, baru kita akan mulai bangun yang baru," kata Edi.

Menurut dia, pelaksanaan pekerjaan pembangunan terminal penumpang modern diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu tahun. Terminal itu nantinya akan dibangun seluas 13.273 meter persegi (m2) dan dapat menampung sekitar 4 ribu orang. Gedung tersbet juga akan dilengkapi dengan fasilitas modern yang sering dijumpai di bandar udara.

"Nanti ada garbarata (tangga belalai), pengecekan bagasi, metal detector, dan sejumlah alat-alat lain yang selama ini kita jumpai di bandar udara," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4013 seconds (0.1#10.140)