Ini Dia Komandan Infrastruktur RI, Pemegang Dana APBN Terbesar

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:12 WIB
loading...
Ini Dia Komandan Infrastruktur RI, Pemegang Dana APBN Terbesar
Ilustrasi infrastruktur jalan tol. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menobatkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai komandan pembangunan infrastruktur Indonesia dengan anggaran APBN terbesar.

"Siapa komandannya? Kementerian PUPR yang dipimpin oleh Pak @basuki_hadimuljono merupakan salah satu Kementerian dengan porsi anggaran terbesar di #APBNKiTa. Bermacam-macam wujud aset negara (barang milik negara) dibangun oleh @kemenpupr dengan ragam fungsi yang menunjang peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia," ujar Sri dalam akun Instagramnya @smindrawati di Jakarta, Selasa (29/3/2022).



Menurut dia PUPR laik mendapatkan anggaran terbesar mengingat infrastruktur sebagai modal pembangunan ekonomi. Berbagai aset tersebut juga perlu dikelola dengan baik, salah satunya diwujudkan melalui hibah. Hibah mengalihkan status penggunaan aset negara tersebut kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah untuk dapat dimanfaatkan lebih lanjut bagi masyarakat luas.

"@kemenpupr sendiri melakukan hibah dalam jumlah yang besar dalam 3 tahun terakhir, tercatat Rp266,3 triliun telah dihibahkan dalam wujud jalan, jembatan, waduk, rumah susun, jaringan irigasi, dll. Misalnya, hibah kepada @dkijakarta di tahun 2021 berupa tanah, jalan nasional, dan jembatan senilai Rp217,7 triliun," tambahnya.



Sri berharap hibah yang diterima oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dapat digoptimalkan untuk menunjang penyelenggaraan pemerintah agar tidak idle serta dapat dioptimalkan untuk menunjang kesejahteraan bagi masyarakat luas.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)