Festival Toraja 2013 bidik 70% wisman

Senin, 18 Maret 2013 - 21:33 WIB
Festival Toraja 2013 bidik 70% wisman
Festival Toraja 2013 bidik 70% wisman
A A A
Sindonews.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Toraja Utara membidik wisatawan mancanegara (wisman) pada Festival Toraja 2013. Direncanakan, Festival Toraja akan digelar sekitar bulan Juli mendatang.

"Kami menargetkan 70 persen wisman akan berkunjung ke Toraja saat berlangsungnya Festival Toraja," ujar Sekretaris Disbudpar Toraja Utara, Cornelia Untung Seru kepada SINDO, Senin (18/3/2013).

Cornelia menyatakan, guna menarik perhatian wisman berkunjung ke Toraja Utara sebanyak-banyaknya, Festival Toraja akan dirancang berskala internasional. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, Festival Toraja akan menjadi salah satu event pariwisata terbesar tingkat Asia.

Festival Toraja akan menyuguhkan berbagai seni dan budaya serta permainan yang ada di Toraja. Pemkab Toraja Utara juga terus melakukan terobosan baru dengan membenahi objek wisata di daerahnya. "Wisatawan yang datang menyaksikan Festival Toraja juga menikmati objek wisata Toraja," ujarnya.

Dikatakan Cornelia, target 70 persen wisman pada Festival Toraja bisa memenuhi target kunjungan wisatawan ke Toraja Utara pada 2013. Disbudpar Toraja Utara pada tahun ini menargetkan tingkat kunjungan wisatawan ke daerahnya sepanjang 2013 sebanyak 150.000 orang.

Dengan perbandingan 60 persen wisatawan domestik dan 40 persen wisatawan mancanegara. Target jumlah wisatawan tahun ini jauh lebih besar dibanding jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Toraja Utara tahun 2012 lalu hanya sekitar 70.000 orang saja.

Upaya yang dilakukan Disbudpar Toraja Utara untuk mencapai target 150.000 wisatawan, dengan cara menggelar event pariwisata sebanyak-banyaknya. Selain itu, Disbudpar Toraja Utara memaksimalkan promosi wisata Toraja Utara hingga ke luar negeri. Pihaknya juga akan menggandeng pengusaha perjalanan wisata (travel agent).

"Ada dua event pariwisata besar yang akan digelar tahun ini. Festival Toraja dan Lovely Desember. Kami optimistis makin banyak event pariwisata digelar, target kunjungan 150.000 wisatawan tahun ini," optimistis Cornelia.

Ketua DPRD Toraja Utara, Sri Krisma Pirade menyatakan, DPRD Toraja Utara siap mendukung suksesnya pelaksanaan Festival Toraja. "Kami berharap, pelaksanaan Festival Toraja dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa terlaksana dengan baik," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6954 seconds (0.1#10.140)