Generasi Milenial Sulit Punya Rumah Jadi Sorotan

Jum'at, 01 April 2022 - 15:35 WIB
loading...
Generasi Milenial Sulit Punya Rumah Jadi Sorotan
Persoalan kesempatan dalam memperoleh kepemilikan rumah bagi kalangan generasi milenial menjadi sorotan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Persoalan kesempatan dalam memperoleh kepemilikan rumah bagi kalangan generasi milenial menjadi salah satu sorotan dari Anggota Komisi VI DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat dengan para Direktur Utama (Dirut) Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta.

"Generasi muda kita, atau generasi milenial kesulitan untuk mendapatkan atau memiliki rumah. Saya mendorong program atau terobosan strategis dari Bank Tabungan Negara (BTN) dalam membantu masyarakat kita terutama generasi muda yang baru berkeluarga agar mendapatkan hunian. Buka akses seluas-luasnya dalam kepemilikan rumah generasi milenial,” papar Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah dalam RDP tersebut.



Erma menjelaskan, perumahan yang ditujukan bagi generasi milenial merupakan peluang besar. Namun, BTN juga harus jeli dalam membuat konsep perumahan sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi generasi milenial.

“Generasi milenial punya ciri khas. Maunya yang simple, mudah, tidak mau berbelit-belit dan yang paling penting sangat melek terhadap teknologi. Kesempatan bagi Bank BTN dalam melakukan inovasi. Kemudahan akses transportasi dan teknologi harus menjadi pertimbangan utama baru kemudian hal lain misalnya desain eksterior, interior, kemudahan dalam pengurusan administrasi, dan sebagainya,” papar dia.

Dalam RDP yang dihadiri keempat Dirut Bank Himbara yakni Sunarso (Dirut PT Bank BRI), Bob Tyasika Anan (Dirut PT Bank BNI), Darmawan Junaidi (Dirut PT Bank Mandiri) dan Haru Koesmahargyo (Dirut PT Bank BTN).

Erma dalam RDP tersebut juga mengapresiasi kinerja Bank yang tergabung dalam Hibara ini, yang secara secara neraca kinerjanya dinilai baik. "Saya mengapresiasi atas pemaparan para Dirut Bank Himbara semua, alhamdulillah semuanya baik, semuanya mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan,” ujarnya.



Dalam kesempatan tersebut, Erma juga menyoroti kasus 650 rumah bersubsidi di Ambon yang sedang bermasalah. Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang telah membayar uang muka (Down Payment), kabarnya masih belum bisa menempati rumah tersebut.

"Terjadi persoalan yang menurut saya serius, yakni program rumah subsidi di Ambon. Disana ada 650 rumah yang sudah selesai dibangun oleh pengembang. Tapi masyarakat yang sudah membayar DP nya ternyata sampai sekarang masih belum bisa menempati rumah tersebut," ungkapnya.

"Kasihan mereka Pak, sedangkan mereka adalah bagian dari MBR yang semestinya memang berhak atas rumah subsidi," papar Erma yang juga Ketua DPP Perempuan Bangsa mengingatkan, kepada para Dirut Himbara agar permasalahan yang terjadi di Ambon tidak sampai terjadi di daerah lainnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)