Digitalisasi Bakal Perkuat Layanan BPR-BPRS

Jum'at, 01 April 2022 - 17:45 WIB
loading...
Digitalisasi Bakal Perkuat Layanan BPR-BPRS
BPR dan BPRS terus mendigitalisasi layanannya. Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 mendorong naiknya preferensi masyarakat menggunakan transaksi digital untuk layanan perbankan atau berbelanja melalui e-commerce. Situasi itu mendorong lembaga perbankan nasional menyesuaikan diri atas layanan keuangan yang diberikan kepada nasabah.



Kondisi ini pun dinilai Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) penting untuk dilakukan. Saat ini Perbarindo telah melakukan launching layanan berbasis digital yang diberi nama BPR e-cash dan BPR Digi.

“Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) berinovasi dengan merampungkan produk uang elektronik yang mempermudah transaksi untuk pembelian dan pembayaran beragam kebutuhan serta dilengkapi dengan QRIS," ujar Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto, dalam keterangan pers, Jumat (1/4/2022).

Joko Suyanto mencatat Perbarindo juga telah mengembangkan produk BPR Digi untuk menjawab kebutuhan transaksi masyakarat. Produk BPR Digi merupakan produk layanan digital berbasis rekening (number of account) yang memberikan kemudahan akses informasi dan berbagai layanan transaksi kepada nasabah BPR, cukup menggunakan telepon seluler dan koneksi internet tanpa harus datang ke kantor BPR.

Selain itu, launching produk tersebut merupakan komitmen dari Perbarindo untuk membawa dan mengawal Industri BPR-BPRS dalam meningkatkan service level dan daya saingnya.

”Pengembangan teknologi merupakan sebuah keniscayaan bagi sebagian pelaku Industri BPR – BPRS, tapi kami akan terus mengupayakan hadirnya layanan berbasis digital untuk membawa BPR – BPRS naik kelas dengan bersinergi serta kolaborasi berbagai pihak ketiga," ungkap Joko.

Senada, Head of FNB & Microfinancing Telkomsigma Dindin Syarifudin mengatakan, pihaknya hadir untuk menyediakan layanan berbasis digital yang mudah, murah, cepat, andal dan aman.

“Kami hadir untuk bersinergi dengan Perbarindo beserta BPR-BPRS anggotanya untuk menyediakan layanan berbasis digital yang mudah, murah, cepat, handal dan aman. Kami siap mendukung program digitalisasi yang dilakukan oleh Perbarindo," katanya.



Di lain sisi, Perbarindo dan Finnet akan mempererat kerja sama untuk menciptakan ekosistem digital agar layanan digital nasabah BPR – BPRS bisa berjalan dengan baik. Fitur – fitur transaksi akan terus dikembangkan dengan melakukan penambahan fitur antara lain; Bill Payment Point, Instant Payment, P2P Transfer, dan Collection melalui aplikasi BPR E-Cash.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)