Pembelian Minyak Rusia Bisa Jadi Keputusan Blunder buat Indonesia

Jum'at, 01 April 2022 - 22:24 WIB
loading...
Pembelian Minyak Rusia Bisa Jadi Keputusan Blunder buat Indonesia
PT Pertamina (Persero) membuka peluang melakukan impor minyak Rusia di tengah boikot negara-negara barat imbas invasi ke Ukraina.
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membuka peluang melakukan impor minyak Rusia di tengah boikot negara-negara barat imbas invasi ke Ukraina. Saat ini, Pertamina sedang melakukan pendekatan terkait rencana pembelian minyak murah tersebut.

Mengomentari hal itu, pengamat ekonomi energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai jika pada saatnya Pertamina jadi membeli minyak dari Rusia, persoalannya tidak sesederhana bahwa minyak tersebut harganya murah. Fahmy menilai keputusan untuk membeli minyak Rusia tersebut bisa menjadi ‘blunder’.

(Baca juga:Pertamina Buka Peluang Impor Minyak Murah Rusia)

Fahmy bahkan sangsi bahwa minyak tersebut akan ‘murah’. Baginya, selama perang masih berlangsung, sulit untuk menyatakan dengan sederhana bahwa pembelian itu akan menguntungkan Indonesia. Hal itu, menurutnya, karena banyaknya hal yang harus dipertimbangkan, tidak hanya soal sisi keekonomian minyak tersebut.

“Misalnya, harus pula kita pikirkan biaya risiko (cost of risk) dari minyak Rusia tersebut. Bila pemesanan Indonesia mengalami hambatan karena perang dan adanya sanksi negara-negara NATO, tentu sisi ‘murahnya’ pun jadi persoalan. Belum lagi fakta jauhnya jarak pengiriman dari Rusia ke Indonesia, yang tentu memberikan pengaruh signifikan terhadap harga saat minyak itu tiba,” kata Fahmy, Jumat (1/4/2022).

(Baca juga:Biden Umumkan Larangan Impor Minyak Rusia)

Di sisi non ekonomi, pembelian minyak Rusia, menurut Fahmy, juga bisa membawa persoalan lain yang tak kurang akan merepotkan Indonesia. “Karena Indonesia bukan anggota NATO, barangkali kita tak akan kena sanksi. Tetapi pasti Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya akan terganggu, tidak berkenan, dan ini bisa menimbulkan gangguan dalam hubungan luar negeri kita,” kata Fahmy.

Ruwetnya persoalan itu ke depan akan lebih jelas manakala mempertimbangkan posisi Indonesia yang saat ini menjadi presidensi dalam G-20, yang di dalamnya negara-negara maju dari belahan Barat begitu dominan.

(Baca juga:Abaikan Tekanan AS, India Tetap Beli Minyak Rusia)

Fahmy lebih melihat rencana pembelian tersebut kurang dipikirkan secara matang dan komprehensif. Lebih jauh, bila rencana itu dijalankan, ia yakin akan mengundang banyak turunan masalah. “Bisa jadi blunder,” kata dia.

Saat ditanya apakah bila pembelian tersebut terealisasi maka hal itu berarti sokongan Indonesia untuk terus berlangsungnya invasi Rusia di Ukraina, Fahmy menjawab diplomatis. Menurutnya, hal itu bisa memungkinkan orang menyebut Indonesia berkontribusi dalam memperpanjang invasi yang menimbulkan banyak penderitaan bagi rakyat Ukraina.

“Bisa dikatakan begitu, manakala dana pembelian yang diterima Rusia itu mereka gunakan untuk berperang di Ukraina,” kata Fahmy.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)