Soal Perkara Minyak Goreng, Negara Seperti Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Kamis, 07 April 2022 - 16:09 WIB
loading...
Soal Perkara Minyak Goreng, Negara Seperti Sudah Jatuh Tertimpa Tangga
Pengusaha sawit banyak mendapat fasilitas dari negara. Foto/Ilustrasi/YorriFarli
A A A
JAKARTA - Minyak goreng merupakan salah satu produk yang diproduksi seluruhnya di dalam negeri. Mulai dari penanaman pohon sawit, pengolahan, hingga pasarnya berada di Indonesia.



Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Misbakhun mengatakan, para pengusaha sawit itu juga sudah banyak sekali difasilitasi oleh negara untuk mengembangkan bisnisnya.

Mulai dari lahan milik negara yang diberikan, suntikan modal melalui bank BUMN yang juga ada penyertaan modal negara di dalamnya, hingga regulasi-regulasi yang diberikan kepada pengusaha.

"Pengusaha ini modalnya apa sih, konsensi milik negara, risiko ditanggung negara, dapat kredit dari BUMN, semuanya difasilitasi negara kok," kata Misbakhun dalam diskusi publik secara virtual, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya dengan fasilitas yang berikan tersebut seharusnya menjadikan pemerintah lebih mudah untuk mengontrol perusahaan sawit, terutama untuk menstabilkan ketersediaan maupun harga minyak goreng.

"Kenapa kemudian negara jadi tergagap-gagap ketika menghadapi mereka, kok negara malah kalah," sambungnya.



Menurutnya jika negara terus bersikap seperti ini maka sampai kapan pun negara akan selalu tunduk dengan orang yang memiliki modal besar. "Sekarang kalau kekuatan negara tidak bisa, kita akan tunduk terus, sampai kapan pun," lanjutnya.

Menurutnya pemerintah memiliki kekuasaan yang lengkap mulai dari sektor hulu maupun hilir. Sebetulnya mudah untuk mengatur para pengusaha tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)