Sukses di MotoGP Mandalika, PLN Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip untuk MXGP

Sabtu, 09 April 2022 - 06:56 WIB
loading...
Sukses di MotoGP Mandalika, PLN Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip untuk MXGP
PLN bersiap menyediakan listrik tanpa kedip untuk menyukseskan ajang internasional Motocross Grand Prix (MXGP) di Sumbawa Besar NTB Juni mendatang. Foto/Ist/mxgp
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) bersiap menyediakan listrik tanpa kedip atau dikenal Zero Down Time (ZDT) untuk menyukseskan ajang internasional Motocross Grand Prix (MXGP). Rencananya, balap motor itu akan digelar di kawasan Samota, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022.

General Manager PLN NTB Sudjarwo mengatakan, setelah berhasil menyukseskan perhelatan internasional MotoGP Mandalika dengan listrik tanpa kedip, PLN kembali bersiap untuk melistriki MXGP.

"Ini merupakan bentu dukungan PLN terhadap semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di seluruh wilayah NTB. Pada prinsipnya PLN siap mendukung MXGP. Infrastruktur kelistrikan dan juga sumber daya manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP,” beber Djarwo dalam keterangannya, Sabtu (9/4/2022).



Adapun, MXGP merupakan event balap motor cross yang paling elit, bukan hanya di Asia namun dunia. Kejuaraan ini berada di bawah naungan FIM atau Federation Internationale de Motocyclisme, sama halnya seperti kejuaraan MotoGP.

Djarwo mengungkapkan, pihaknya melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa hingga saat ini terus melakukan koordinasi, baik dengan pelaksana event maupun stakeholder terkait untuk mempersiapkan insfrastruktur kelistrikan yang diperlukan selama MXGP berlangsung.

Tahapan yang akan dilewati untuk melistriki MXGP adalah sama dengan tahapan yang diimplementasikan untuk MotoGP.



Survey awal dilakukan untuk menentukan besaran daya listrik yang diperlukan dan juga titik titik lokasi penting yang harus dilistriki.

“Setelah kita mengetahui kebutuhan dan jumlah titiknya, PLN akan bergerak untuk membuat masterplan jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian kita akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi,” urainya.



Untuk kondisi sistem kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal. Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW.

Masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)