BLT Minyak Goreng Mulai Cair, Mekanisme Penyaluran Sangat Penting

Rabu, 13 April 2022 - 12:02 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut, BLT minyak goreng akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bansos BLT minyak goreng diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Penyaluran Bantuan

Terpisah, Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon Haris Azis Susilo memberi apresiasi kinerja tim Perekonomian pemerintah yang dipimpin okeh Menko Airlangga. Namun ia juga menyoroti sisi teknis mekanisme penyaluran BLT minyak goreng.

“Ini program patut diapresiasi. Namun, bagaimana teknis penyalurannya di lapangan itu kan penting supaya penerima bantuan pun dapat mengaksesnya dengan mudah," kata Haris.



Haris berharap, warga yang menerima bantuan bisa memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan peruntukannya. Sambung dia menjelaskan, mekanisme penyaluran dinilai sangat penting untuk menghindari adanya pihak-pihak yang bermain di lapangan.

Senada dengan Haris, pengamat kebijakan publik Universitas Padjadjaran (UNPAD) Yogi Suprayogi mengatakan, di dalam masa sulit seperti ini BLT dianggap sangat perlu.

Akan tetapi, Program BLT ini juga harus diikuti dengan operasi pasar di berbagai daerah, hal itu untuk mengimbangi adanya kenaikan beberapa kebutuhan dasar, seperti BBM, sembako dan lainnya.

“Ini luar biasa bagus, di tengah kesulitan pemerintah masih memberikan bantuan. Akan tetapi, alangkah baiknya diikuti dengan operasi pasar,” ujar Yogi.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)