10 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Jum'at, 15 April 2022 - 20:43 WIB
loading...
A A A
2. India

Sama halnya dengan China, gandum merupakan tanaman kedua yang paling banyak diproduksi di India setelah beras dan banyak mendominasi makanan pokok di wilayah utara India.

Gandum lebih mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca jika dibandingkan dengan beras. Sehingga gandum ditabur di India sepanjang musim gugur dan dipanen saat musim dingin atau semi.

Memproduksi 103.000.000 metrik ton gandum tahun ini, India berada di urutan kedua sebagai negara penghasil gandum terbesar.

3. Rusia

Rusia berada di posisi ketiga untuk produksi gandum dunia dan posisi pertama sebagai eksportir gandum di dunia dengan 77.000 metrik ton gandum yang diproduksinya. Rusia mendapat USD6,4 miliar dari ekspor gandumnya di tahun 2019 dengan menyumbang sekitar 17% ekspor gandum dunia.

Meski mempunyai potensi tetap menjadi eksportir gandum terbesar, namun justru secara bertahap menurun dari tahun ke tahun yang kemungkinan terus berlanjut. Hal ini dikarenakan negara ini ingin melindungi pasokan makanannya karena efek pandemi Covid-19.

Pembatasan ekspor gandum Rusia selain untuk melindungi pasokan makanannya, juga sebagai tindakan pencegahan setelah AS melakukan penjualan gandum besar-besaran ke China

4. Amerika Serikat

Meskipun produk pertanian utama Amerika Serikat (AS) adalah jagung dan kedelai, namun nyatanya AS bisa menempati posisi keempat sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)