10 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Jum'at, 15 April 2022 - 20:43 WIB
loading...
10 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia, Ada Tetangga Indonesia
Beberapa negara tercatat sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia. Jika melihat dari grafik produksinya dari tahun ke tahun, hampir selalu mendominasi dan jarang tergantikan. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Menjadi salah satu tanaman yang mudah untuk tumbuh, gandum merupakan bahan utama berbagai makanan di seluruh dunia seperti pizza, roti, hingga pasta. Kelebihan gandum seperti mudah beradaptasi di berbagai iklim, kaya akan karbohidrat, serta tinggi protein daripada jagung dan beras, gandum adalah sumber energi yang relatif murah dan mudah dicari.

Baca Juga: Pasokan Global Terganggu, Rusia Siap Ekspor Gandum ke Indonesia

Meskipun industri lain telah dipengaruhi oleh kemunculan virus, produksi gandum terus berkembang pesat. Bahkan jumlah pasokan gandum tembus rekor pada tahun 2020.

Beberapa negara tercatat sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia. Jika melihat dari grafik produksinya dari tahun ke tahun, hampir selalu mendominasi dan jarang tergantikan.

Baca Juga: Kisah Keluarga Rasulullah Makan Gandum Basi di Hari Idul Fitri

Lantas negara apa sajakah yang menjadi penghasil gandum terbesar?. Dilansir dari situs World Atlas, berikut ulasannya.

1. China

China terus menunjukan dominasinya sebagai negara produsen gandum terbesar di dunia. Pada 2020, negara ini menghasilkan sekitar 135.000.000 metrik ton gandum atau sekitar 29% dari total produksi gandum di dunia.

Di China sendiri, beras merupakan produk pertanian utama dan banyak dikonsumsi khususnya di bagian Selatan. Sedangkan gandum sebagai tanaman musim dingin tumbuh subur di Provinsi utara ketika suhu disana mencapai minus dua digit.

Melalui bukti paleobotani, menunjukan bahwa gandum berasal dari sekitar Afghanistan atau Asia Tengah dan masuk ke China melalui provinsi utara Xinjiang. Bukti arkeologisnya berupa alat kuno yang digunakan untuk budidaya gandum menunjukkan bahwa gandum datang ke China baik dari Siberia atau Mongolia di Eurasia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1058 seconds (10.55#12.26)