Kemenperin Ajak Tech Startup Indonesia Kembangkan Ekosistem Industri 4.0

Rabu, 20 April 2022 - 09:06 WIB
loading...
Kemenperin Ajak Tech Startup Indonesia Kembangkan Ekosistem Industri 4.0
Kemenperin dorong implementasi teknologi di sektor industri. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ) kembali menyelenggarakan Program Startup4Industry guna mendorong implementasi teknologi di sektor industri termasuk pada masyarakat luas.



Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo yang mewakili Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, dunia telah mengadopsi teknologi digital, sehingga tidak saja mengubah cara membeli masyarakat namun juga cara mengambil keputusan dan membuat model-model bisnis baru.

Dody pun mengajak para tech startup Indonesia untuk bergabung dan menjadi bagian dari ekosistem Startup4Industry.
"Saya berharap Program Startup4Industry dapat terus menjaga dan mengembangkan ekosistem Industri 4.0 serta menjadi hub antara penyedia teknologi, kebutuhan industri dan masyarakat, asosiasi, pemerintah, dan juga sektor swasta," kata Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo pada acara Seminar Nasional Startup4Industry dan Pembukaan Rangkaian Program Startup4Industry secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Dody menjelaskan, berdasarkan data dari e-Conomy SEA 2021 Report, ekonomi digital Indonesia di 2021 mencapai USD70 miliar dan diprediksi tumbuh menjadi USD146 miliar pada 2025 dengan pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 20%.

"Nilai tersebut sangatlah besar dan harus dapat kita manfaatkan. Oleh karena itu, salah satu strategi yang harus ditempuh pemerintah adalah mempercepat transformasi teknologi baik di sektor industri maupun masyarakat," ujarnya.



Sejak Making Indonesia 4.0 diluncurkan, Dody menilai telah banyak upaya dan kerja untuk merealisasikan hal tersebut. Seperti contohnya pembangunan Pusat Industri Digital 4.0, ditunjuknya lima lighthouse Industri 4.0, dan juga tumbuh dengan pesatnya tech startup Indonesia serta talenta-talenta digital, itu semua merupakan beberapa upaya dan kerja yang telah dilakukan.

"Sekarang ini saatnya menunjukkan secara nyata, bagaimana transformasi teknologi bisa membantu industri untuk tumbuh dan berkembang," ucap Doddy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menyampaikan, terdapat beberapa kegiatan pada Startup4industry 2022, meliputi kompetisi implementasi teknologi yang menjaring 20 finalis dan memperebutkan total hadiah uang pembinaan sebesar Rp100 juta.

Kemudian proyek implementasi dilaksanakan oleh 20 startup finalis kompetisi di 20 mitra implementasi (IKM, Kelompok Usaha Bersama IKM, Sentra IKM), dengan total anggaran sebesar Rp800 juta, serta penyelenggaraan sosialisasi, webinar, lokakarya, dan pelatihan.



"Program Startup4Industry diharapkan dapat membentuk ekosistem solusi teknologi dan nantinya diharapkan dapat memperkuat Ekosistem Industri 4.0," tutup Reni.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)