Harga Tiket Pesawat Melambung Jelang Mudik Lebaran, Aji Mumpung?

Rabu, 27 April 2022 - 13:04 WIB
loading...
Harga Tiket Pesawat Melambung Jelang Mudik Lebaran, Aji Mumpung?
Tiket pesawat melonjak signifikan dari harga normal. Kenaikan tersebut terjadi saat menjelang mudik Lebaran 2022. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiket pesawat melonjak signifikan dari harga normal. Kenaikan tersebut terjadi saat menjelang mudik Lebaran 2022 . Hal ini pun menyedot perhatian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Menurutnya, kenaikan harga tiket pesawat tidak saja terjadi di Indonesia, namun juga di sejumlah negara.

Erick mencatat, kenaikan harga tiket dilatari sejumlah hal, salah satunya peluang perbaikan bisnis disaat volume penumpang pesawat mengalami kenaikan. "Karena itu kalau kita melihat harga tiket sekarang mulai melonjak, dan ini bukan hanya di Indonesia aja, di seluruh dunia, harga tiket melonjak," ungkap Erick saat ditemui di kawasan GBK, Jakarta, Rabu (27/4/2022).



Dia menjelaskan, saat pandemi Covid-19 banyak industri penerbabgan menutup bisnis atau usahanya. Tercatat, pandemi memukul semua aktivitas perekonomian dan industri penerbangan nasional termasuk yang paling terpuruk. "Sehingga kalau kita lihat, coba aja di berita-berita, banyak sekali kapal pesawat terbang parkir, nah itu yang terjadi saat Covid," tutur dia.

Meski begitu, Erick memperkirakan titik normal bisnis sektor penerbangan dalam negeri akan terjadi dalam kurun waktu 6-8 bulan mendatang. Saat ini, proses pemulihan penerbangan sudah berlangsung dengan adanya mudik lebaran 2022.

Dia mencatat, titik normal bisnis penerbangan di Tanah Air ditandai dengan beroperasinya 400 armada pesawat. Saat ini tercatat baru 200 pesawat yang dioperasikan sejumlah maskapai penerbangan.



"Sekarang mulai kembali normal di banyak negara, termasuk di Indonesia mungkin 6 bulan lagi, tentu alternatif dari penerbangan maksudnya perjalanan dinas melalui penerbangan maupun wisata, tentu akan menuju titik normal dalam waktu yang mungkin 6-8 bulan lebih," ujar Erick.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)