Uni Eropa Akui Sanksi Ekonomi Atas Rusia Tak Berhasil

Kamis, 28 April 2022 - 14:26 WIB
loading...
Uni Eropa Akui Sanksi Ekonomi Atas Rusia Tak Berhasil
Uni Eropa mengakui bahwa Rusia mampu mengatasi sanksi ekonomi yang diberikan pihak Barat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada hari Rabu (27/4) mengakui keberhasilan Rusia dalam mengatasi sanksi Barat. Morawiecki secara terang-terangan mengungkapkan penyesalannya tentang fakta tersebut.

"Sejauh ini, kami melihat bahwa Rusia, sayangnya, mengatasi sanksi dengan baik," katanya seperti dikutip dari RT.com, Kamis (28/4/2022). Dia menambahkan bahwa untuk memperbaiki situasi ini, Warsawa akan berupaya mengembangkan sanksi baru.



Sementara, Moskow pun telah mengkonfirmasi kegagalan rencana negara-negara tidak bersahabat untuk "mencekik Rusia secara ekonomi."

"Selangkah demi selangkah, menggunakan segala macam dalih, kadang-kadang tanpa dalih apa pun, mereka memperkenalkan sanksi baru," kata Presiden Rusia Vladimir Putin Rabu lalu. Putin menambahkan bahwa Moskow berhasil menangkis serangan sanksi, bertahan, dan tidak runtuh.

Putin menambahkan, Rusia akan menanggapi sanksi yang kasar dan seringkali canggung dengan keterbukaan yang lebih besar terhadap kewirausahaan, kemitraan yang jujur, rasa hormat, dan perlindungan yang dapat diandalkan dari pemilik bisnis dan investor.



Presiden Rusia itu juga menginstruksikan pemerintah untuk terus bekerja pada langkah-langkah anti-krisis dan memperkuat kontrol, memastikan kelancaran operasi pasar domestik.

Sementara itu, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan bahwa UE sedang bekerja secara intensif pada rencana baru untuk menghantam Moskow.

"Paket sanksi keenam akan datang pada waktunya. Kami sedang mengerjakannya secara intensif," kata von der Leyen. "Kami bekerja keras tidak hanya untuk menyingkirkan batu bara, seperti yang telah kami lakukan, tetapi juga kami sedang mengerjakan topik minyak," ujarnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)