Pelni Masih Punya Kuota Gratis untuk Arus Balik Gratis Nih, Cek Syaratnya

Rabu, 04 Mei 2022 - 14:07 WIB
loading...
Pelni Masih Punya Kuota Gratis untuk Arus Balik Gratis Nih, Cek Syaratnya
PT Pelni (Persero) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2022. Cek syaratnya karena kuota yang disediakan masih banyak. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2022. Melalui program yang diinisiasi Kementerian Perhubungan ini, Pelni menurunkan KM Dobonsolo dan KM Ciremai untuk melayani rute arus balik Surabaya - Semarang - Jakarta.



Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Opik Taupik mengatakan, hingga kini KM Ciremai masih memiliki ruang bagi 528 unit motor dan 874 pemudik.

"Sedangkan untuk keberangkatan kedua dengan KM Dobonsolo dijadwalkan berlayar dari Pelabuhan Tg. Perak Surabaya pada Rabu (11/5). Kuota untuk KM Dobonsolo masih tersedia bagi 930 unit motor dan 1.830 pemudik," ujar Opik dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Adapun, keberangkatan pertama dengan KM Ciremai dijadwalkan berlayar pada Senin (9/5) mendatang dari Pelabuhan Tg. Perak Surabaya.

"Untuk melihat kuota yang tersedia dan juga mendaftar program tersebut, calon peserta program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dapat mengakses website mudikgratis.dephub.go.id," tambah Opik.

Untuk mengikuti program tersebut, beberapa persyaratan yang harus dipatuhi adalah :
1. Memiliki STNK dan SIM yang sah
2. Kondisi motor layak jalan
3. Tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing (pengikatan kendaraan pada kapal)
4. Harus ada penyangga/standar tengah (standar dua)
5. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang
6. Ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik
7. Tidak diperbolehkan adanya box samping kiri, kanan, maupun belakang
8. Jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang
9. Bensin sepeda motor pada saat diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 (satu) liter/motor
10. Kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana

KM Dobonsolo dan KM Ciremai mampu mengangkut hingga 2.500 pemudik dan 1.250 unit motor dan hingga saat ini kuota di kedua kapal tersebut masih tersedia.

"Dengan keterlibatan Pelni dalam menjalankan penugasan ini diharapkan dapat mengurai kepadatan arus balik di darat sehingga dapat menekan jumlah kecelakaan. Selain itu juga memaksimalkan peran PELNI sebagai operator kapal laut yang dapat mengangkut penumpang, barang, hingga kendaraan," terangnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)