3 Negara dengan Suku Bunga Terendah di Dunia, Nomor 2 Pernah Menjajah Indonesia

Sabtu, 07 Mei 2022 - 18:03 WIB
loading...
3 Negara dengan Suku Bunga Terendah di Dunia, Nomor 2 Pernah Menjajah Indonesia
Suku bunga setiap negara di dunia memiliki perbedaan, yang terendah di Swiss. Ilustrasi Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Suku bunga setiap negara-negara di dunia memiliki perbedaan. Ada yang menerapkan suku bunga tinggi, namun ada juga yang rendah bahkan minus.

Secara sederhana, suku bunga diartikan sebagai balas jasa atau nilai yang diberikan pihak peminjam kepada yang meminjamkan dana atau uang.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , suku bunga bank diartikan sebagai balas jasa yang diberikan bank kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya.

Dalam menentukan suku bunga, bank mengacu kepada suku bunga acuan yang ditetapkan oleh bank sentral atau di Indonesia dikenal dengan Bank Indonesia Rate (BI Rate).



Indonesia saat ini memiliki suku bunga 3,50% merujuk data per April 2022. Sedangkan tingkat suku bunga antarbank berkisar 3,75% berdasarkan referensi Mei 2022.

Negara dengan suku bunga rendah tentunya biaya bunga pinjaman perbankan juga akan rendah. Sebaliknya, jika tarifnya tinggi, otomatis suku bunganya akan jauh lebih tinggi.

Berikut ini negara yang memiliki suku bunga terendah di dunia, dikutip dari tradingeconomics dan laman www.ceicdata.com:

1. Swiss
Swiss memiliki suku bunga acuan sebesar -0,75% dan rekor terendah pernah dicapai pada 2018 sebesar -0,79%. Sebagai negara yang memiliki suku bunga negatif, pemerintah akan membayar bank untuk meminjamkan uang kepada si peminjam.

Setiap warga di Swiss mendapat manfaat dari kebijakan ini. Swiss adalah tempat yang tepat bagi masyarakat yang ingin mencari negara baru untuk pindah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)