Banyak Perusahaan Kian Sadar Jalankan Bisnis Berkelanjutan

Kamis, 12 Mei 2022 - 18:28 WIB
loading...
Banyak Perusahaan Kian Sadar Jalankan Bisnis Berkelanjutan
Semakin banyak perusahaan yang tidak hanya mengejar profit, tapi juga menjalankan bisnis yang ramah lingkungan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Saat ini sejumlah perusahaan di Indonesia makin sadar pentingnya menjalankan bisnis berkelanjutan. Perusahaan tidak hanya mengejar profit, tapi juga menjalankan bisnis yang ramah lingkungan (planet) dan peduli terhadap masyarakat (people). Pendekatan yang digunakan adalah sustainable development goals ( SDGs ) atau tujuan pembangunan berkelanjutan dan environment, social, and governance (ESG).



Pemerintah juga mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi bisnis berkelanjutan. Bagi perusahaan publik ataupun perusahaan jasa keuangan, wajib menerbitkan laporan tahunan yang umumnya berisi tentang pencapaian kinerja bisnis dan laporan keberlanjutan berdasarkan POJK No. 51 Tahun 2017.

SWA Group pun membuktikan komitmennya dalam mendorong perusahaan tidak hanya go green, tetapi juga berkelanjutan (sustainable). SWA Group mengapresisi perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan bisnis berkelanjutan, di tahun 2022 dengan menyelenggarakan perhelatan Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA).

"Awarding ini merupakan pengembangan dari penghargaan sebelumnya, Indonesia Green Companies Achievement, yang telah 8 kali diselenggarakan,” jelas Kemal E. Gani, Group Chief SWA Media di Jakarta (12/5/2022).

Kriteria penilaian IGSCA terdiri dari aspek ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, kesejahteraan dan kenyamanan karyawan, pengelolaan lingkungan, serta standar etika dan kepatuhan (compliance). Dewan Juri menetapkan 10 perusahaan dengan nilai tertinggi yang menerima penghargaan IGSCA 2022 dan tiga perusahaan yang mendapatkan penghargaan khusus.

Siapa saja pemenangnya? Dewan Juri IGSCA 2022 menetapkan 10 perusahaan, yaitu Danone Indonesia, DBS Indonesia, L'Oréal Indonesia, PT Indonesia Power Grati Pomu, Sido Muncul, PT Kaltim Prima Coal, PT Kirana Megatara Tbk., PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim ), plus PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.

Dan 3 penghargaan khusus yaitu PT Indonesia Infrastructure Finance (Best Program in Sustainable Financing), PT Lion Super Indo (Pioneer in Sustainable Retail) dan PT Vena Energy Indonesia (Rising Star in Sustainable Energy).

Selain awarding, rangkaian acara IGSCA juga mengadakan webinar pada Kamis, 12 Mei 2022. Acara dibuka dengan sambutan Dr. Sonny Keraf, Menteri Negara Lingkungan Hidup RI (1999-2001)yang juga Juri IGSCA 2022 dan star speaker Prof. Dr. Emil Salim, Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup RI )1978 – 1993) yang menjelaskan tentang ‘Corporate Citizenship: Strategi Mengoptimalkan Implementasi ESG’.

Banyak Perusahaan Kian Sadar Jalankan Bisnis Berkelanjutan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)