Upaya Meningkatkan Keberlanjutan Lingkungan di Bisnis Pelabuhan

Kamis, 19 Mei 2022 - 00:56 WIB
loading...
Upaya Meningkatkan Keberlanjutan Lingkungan di Bisnis Pelabuhan
Pengelola Pelabuhan Marunda terus berkomitmen menjaga kualitas lingkungan sekitar. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Marunda , PT Karya Citra Nusantara (KCN), berkomitmen untuk meningkatkan keberlanjutan kualitas lingkungan . Langkah ini untuk mendukung bisnis pelabuhan.



"Karena dengan peningkatan kualitas lingkungan secara berkelanjutan dapat memberikan nilai tambah kepada PT KCN yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama," ujar Direktur Pemasaran KCN Amir Prasetyo, Rabu (18/5/2022).

Menurut Amir, komitmen KCN dalam bisnis pelabuhan adalah menjadi pelabuhan terminal umum yang profesional dan mendukung Pelabuhan Tanjung Priok. Terutama, mempercepat dwelling time bongkar muat di Jakarta, yang pada akhirnya ikut berperan menurunkan biaya logistik nasional.

"Komitmen PT KCN juga untuk terus melakukan peningkatan kualitas lingkungan dan wilayah sekitar dengan keberadaan PT KCN yang menyediakan lapangan kerja bagi penduduk sekitar, meningkatkan roda ekonomi di wilayah sekitar serta berpartisipasi aktif melalui CSR untuk wilayah sekitar," katanya.

Untuk menjaga kualitas lingkungan udara di sekitar pelabuhan, KCN sendiri sedang mengkaji kemungkinan penerapan pemasangan jala polynet untuk memecah angin dan menahan debu batu bara.

Kemudian, menggunakan alat ukur struktur tanah dan kualitas air untuk menentukan jenis tanaman yang cocok ditanam di Kawasan Pelabuhan KCN sebagai pagar tanaman alami penahan debu batu bara dengan ketinggian di atas delapan meter.



"Hal di atas dilakukan PT KCN setelah keberhasilan proyek penanaman mangrove tahap 1 di sisi selatan pelabuhan PT KCN agar program peningkatan kualitas lingkungan secara berkelanjutan di PT KCN dapat terus dilaksanakan," ungkap Amir.

Strategi-strategi yang akan diambil KCN ke depannya dalam menyeimbangkan aspek keberlanjutan kualitas lingkungan dan kinerja bisnis pelabuhan antara lain melakukan sinergi dengan instansi pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)