3 Tips Meraup Penghasilan Tambahan dengan Memanfaatkan Teknologi

Jum'at, 20 Mei 2022 - 23:09 WIB
loading...
3 Tips Meraup Penghasilan Tambahan dengan Memanfaatkan Teknologi
Titin Sumarni sukses mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi memberikan peluang dan kesempatan yang setara bagi masyarakat untuk memulai bisnis ataupun sekadar mencari penghasilan tambahan.

Tak peduli tua-muda, pria ataupun wanita, semua punya peluang yang sama asalkan punya kemauan, semangat dan gigih dalam menjalankan usaha dengan bantuan teknologi.

Di Indonesia sendiri saat ini jumlah wirausaha masih sangat terbatas, yakni baru 3,18%. Angka ini masih jauh tertinggal di bawah Singapura yang sudah di angka 8,76%, Thailand 4,26% dan Malaysia 4,74%.

Bahkan, negara-negara maju sudah mencapai 10-12%. Indonesia menargetkan jumlah wirausaha di tahun 2024 sebesar 3,95%.

Sejalan dengan itu, peluang wirausaha dengan memanfaatkan teknologi semakin terbuka lebar. Salah satu kisah inspiratif dalam berwirausaha di era digital ini datang dari salah satu mitra Shopee bernama Titin Sumarni.

Status sebagai orangtua tunggal tak membuat Titin lemah, justru tergerak menambah pemasukan demi menghidupi anak-anaknya.

Selama 14 tahun terakhir, dia berjuang menghidupi buah hatinya seorang diri. Berbagai usaha dicobanya untuk dapat menjadi tulang punggung bagi ketiga anaknya.

Menurut Titin, satu-satunya keterampilan yang dimilikinya adalah menjahit dan dulu dimanfaatkan dengan bekerja di butik serta usaha jahit di rumah.

“Namun, saya merasa perlu bangkit mencoba tantangan baru dan memiliki bisnis yang lebih menjanjikan. Di situlah jiwa wirausaha saya semakin terdorong, dan saya memutar otak untuk bisa membuka usaha lainnya dari rumah,” ujarnya, dikutip Jumat (20/5/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)