Pesan Erick Thohir ke Pemimpin BUMN: Kekuasaan Tanpa Akhlak Berujung Zalim

Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:46 WIB
loading...
Pesan Erick Thohir ke Pemimpin BUMN: Kekuasaan Tanpa Akhlak Berujung Zalim
Menteri BUMN, Erick Thohir menilai, kekuasaan tanpa akhlak akan berujung zalim. Kekayaan tanpa akhlak akan menjadi kerakusan, kepintaran tanpa akhlak akan menjadi tipu daya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat maju dan makmurnya Indonesia didasarkan pada kepemimpinan yang berkarakter. Dia pun meminta transformasi BUMN harus dibarengi oleh pembentukan karakter insannya.

“Transformasi tidak mungkin tanpa pembentukan karakter, kalau menginginkan Indonesia maju tapi juga makmur dan mendunia, harus didasari dengan kepemimpinan yang berkarakter,” ungkap Erick Thohir, dikutip Minggu (21/5/2022).

Baca Juga: Ekonomi RI Ingin Jadi 4 Besar Dunia, Erick Thohir: Kita Butuh Superhero Baru

Erick menilai, kekuasaan tanpa akhlak akan berujung zalim. Kekayaan tanpa akhlak akan menjadi kerakusan, kepintaran tanpa akhlak akan menjadi tipu daya.

"BUMN adalah penyumbang dan sepertiga ekonomi di Indonesia, tetapi kalau individunya tidak punya akhlak yang baik maka tidak akan berhasil,” katanya.

Erick mengingatkan, BUMN menjalankan peran ganda sebagai value creator dan agent of development yang berperan sebagai penyeimbang. Tidak hanya korporasi, namun juga intervensi kemakmuran pembangunan, salah satunya melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diberikan BUMN.



Baca Juga: Erick Thohir Beberkan 4 Cara Transformasi BUMN

Untuk itu, seluruh Insan BUMN tidak hanya memerlukan tekad yang kuat tetapi juga niat menerapkan nilai-nilai yang baik, yaitu AKHLAK sebagai landasan dalam mentransformasi human capital atau sumber daya manusia (SDM).

Erick menilai sangat penting BUMN terus membuka lapangan kerja dan diisi oleh figur-figur yang tidak saja punya kapasitas, tapi juga karakter AKHLAK yang baik dan pola pikir yang sejalan.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2267 seconds (11.210#12.26)