Ilham Habibie Mundur dari Bank Muamalat, Ada Apa?

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:40 WIB
loading...
Ilham Habibie Mundur dari Bank Muamalat, Ada Apa?
Bank Muamalat mengumumkan telah menerima surat pengunduran diri Ilham Akbar Habibie selaku Komisaris Utama. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Direksi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengumumkan telah menerima surat pengunduran diri Ilham Akbar Habibie selaku Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Perseroan pada 19 Mei 2022.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bank Muamalat , dikutip Selasa (24/5/2022), Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat, Hayunaji mengatakan sesuai dengan aturan, permohonan pengunduran diri tersebut akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan diselenggarakan paling lambat 90 hari setelah diterimanya surat undur diri tersebut.

"Pengunduran diri tersebut disebabkan karena telah tuntasnya proses penguatan modal dengan masuknya BPKH sebagai pemegang saham pengendali Bank Muamalat," katanya, Selasa (24/5/2022).



Perlu diketahui, pengunduran diri itu merupakan bagian dari perubahan kepemilikan yang terjadi di Bank Muamalat. Dengan masuknya pemegang saham pengendali baru, Hayunaji menyampaikan bahwa pemegang tongkat estafet sebagai komisaris utama akan diserahkan kepada BPKH untuk menentukannya.

Adapun Bank Muamalat telah diakuisisi oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang kini menempatkan dua pengurusnya sebagai Komisaris yakni Juni Supriyanto dan Sulistyo Budi. Keduanya masih menjalani proses Penilaian Kemampuan dan Kepatuhan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setelah ditetapkan dalam RUPSLB 28 Februari 2022 lalu.

"Kami juga berterima kasih atas segala kontribusi yang telah diberikan oleh Ilham selama menjabat di Bank Muamalat," ujar Hyunaji.

Ilham A. Habibie merupakan Komisaris Utama dan Komisaris Independen Bank Muamalat Indonesia sejak penunjukannya berdasarkan hasil RUPS Tahunan tanggal 28 Juni 2018 dan mendapatkan keputusan efektif dari OJK tanggal 26 Maret 2019.

Baca Juga: Ilham Habibie Ungkap Progres Crowdfunding R80 Berhasil Kumpulkan Rp9 M

Saat itu jaringan yang dimiliki oleh Ilham diharapkan menjadi jalan bagi Bank Muamalat mendapatkan investor ataupun penambahan modal oleh pemegang saham eksisting. Pada 2020, Ilham membawa konsorsium Al Falah untuk melakukan injeksi modal di Bank Muamalat.

Sebelumnya Ilham juga disebut membawa konsorsium Minna Padi untuk membantu modal Bank Muamalat. Akan tetapi kedua aksi korporasi ini kandas karena tidak mendapat lampu hijau dari OJK.

Saat ini, susunan Dewan Komisaris Bank Muamalat meliputi Ilham A Habibie sebagai Komisaris Utama/Komisaris Independen, Sulistyo Budi sebagai Wakil Komisaris Utama, Iggi H Achsien sebagai Komisaris Independen, Edy Setiadi sebagai Komisaris Independen, Juni Supriyanto dan Andre Mirza Hartawan sebagai Komisaris.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)