Ikut Urus Minyak Goreng, Kemendag: Luhut Jadi Sutradara, Presiden Tetap Pemimpinnya

Selasa, 24 Mei 2022 - 20:06 WIB
loading...
Ikut Urus Minyak Goreng, Kemendag: Luhut Jadi Sutradara, Presiden Tetap Pemimpinnya
Luhut dapat tugas mengurusi minyak goreng, begini penjelesan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan soal peran Menko Marves itu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan ( Kemendag ) Oke Nurwan menyatakan, sejumlah peran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam mengurusi permasalahan minyak goreng .

Oke Nurwan menilai, Menko Luhut sebagai Sutradara terhadap pengembangan sistem aplikasi pemerintah untuk distribusi minyak goreng di Jawa, Bali.

“Jadi Pak Luhut kan telah berpengalaman di PPKM lewat PeduliLindungi, nanti pak Luhut itu semacam sutradaranya tapi pemimpinnya tetap Pak Presiden," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan kepada wartawan, dikutip Selasa (24/5/2022).



Ke depan, Luhut akan membantu dengan memberi arahan terhadap pengembangan sistem aplikasi pemerintah untuk distribusi minyak goreng. Salah satu saran yang ia beri adalah agar masyarakat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk membeli minyak goreng curah ketimbang membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Kita sudah ada sistem aplikasi untuk distribusi minyak goreng lewat Simirah yang harus pakai KTP, sekarang kita kembangkan sistem baru lagi. Simirah diperkuat biar enggak hanya pakai KTP tapi pakai NIK. Kata Pak Luhut NIK saja," ujarnya.

Dia menuturkan dengan melalui integrasi dengan NIK, pemerintah akan mengetahui histori pembelian minyak goreng seseorang. "Jadi (penggunaan) NIK seperti Peduli Lindungi. Dia beli di sana lalu di situ, akan ketahuan. Itu yang kami sempurnakan, itu kan cita-citanya," kata Oke.



Sementara itu, Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi menyatakan dan membenarkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta langsung Presiden Jokowi membantu memastikan ketersediaan minyak goreng, khususnya di Jawa dan Bali.

“Pak Menko (Luhut) diminta presiden untuk membantu memastikan ketersediaan dan distribusi minyak goreng sesuai target, di daerah Jawa Bali. Nanti Pemerintah akan menggunakan aplikasi digital untuk dalam melaksanakan kebijakan ini,” urainya. kata Jubir Luhut Jodi Mahardi saat dihubungi MNC PORTAL, Selasa (24/5/2022).

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)