Bukan Kaleng-kaleng, Intip Potensi Investasi Harta Karun Tambang RI

Rabu, 25 Mei 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Dengan masih luasnya wilayah greenfield nikel di Indonesia, pemerintah Indonesia mengemukakan bahwa negeri ini tetap menjadi pilihan yang menarik bagi investor dalam melakukan investasi di bidang pertambangan nikel.

2. Peluang Investasi Besi Indonesia

Besi juga menjadi salah satu harta karun Indonesia yang sangat berharga. Data dari Kementerian ESDM yang diunggah melalui laman resminya pada 10 Mei 2022 menyebut, produksi bijih besi Indonesia memberikan andil sebesar 0,2% dari total produksi bijih besi dunia.

Sementara itu, cadangan bijih besi Indonesia adalah 1,7% dari total cadangan dunia. Australia masih berada di urutan pertama dengan kontribusi bijih besi terhadap produksi global sebesar 27,8% dan cadangannya adalah 38%.

Di tahun 2020, Indonesia belum berhasil masuk dalam 10 negara penghasil bijih besi terbanyak di dunia karena hanya mampu memproduksi 5,3 juta ton. Jumlah ini jauh di bawah Australia yang produksinya mencapai 900 juta ton.

Dalam laporan “Peluang Investasi Besi Indonesia”, Kementerian ESDM menyebutkan bahwa Indonesia memiliki cadangan bijih besi sebesar 2,9 miliar ton di tahun 2020.

Terkait dengan investasinya, Indonesia sudah pasti berpotensi menjadi ladang bijih besi yang sangat menarik dan menjanjikan. Pulau Sumatera menjadi greenfield bijih besi yang memiliki cadangan hingga 503 juta ton. Adapun kawasan industri yang beroperasi di pulau tersebut adalah Sei Mangkei.

Selanjutnya, ada Pulau Sulawesi dengan total cadangan bijih besi sebesar 1.028 juta ton. Sama seperti di Sumatera, Pulau Sulawesi hanya memiliki 1 kawasan industri yakni Palu. Rencana ke depan, ada 4 perusahaan baru yang akan beroperasi mengolah bijih besi di tahun 2022. Setahun setelahnya, ada 2 perusahaan baru yang juga akan mulai berjalan.

3. Peluang Investasi Mangan Indonesia

Mangan umumnya digunakan untuk bahan konstruksi dan infrastruktur. Selain itu, mangan lazim pula digunakan sebagai pakan ternak, pembuatan baja, dan baterai drycell. Cadangan dan produksi mangan terbesar ada di negara Afrika Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)