Banyak Kursi Kosong, Bos Garuda: Bisa Main Bola di Dalam Pesawat

Senin, 22 Juni 2020 - 21:21 WIB
loading...
Banyak Kursi Kosong, Bos Garuda: Bisa Main Bola di Dalam Pesawat
Masa PSBB transisi masih banyak kursi kosong di penerbangan Garuda Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mencegah pandemi Covid-19 telah memukul industri penerbangan. Dan di masa PSBB transisi, pemerintah memberikan kelonggaran bagi maskapai untuk mengangkut penumpang sebatas 70% dari kapasitas pesawat.

Namun, maskapai nasional Garuda Indonesia mengungkapkan tingkat isian pesawat (seat load factor) mereka selama masa PSBB transisi masih di bawah 50%.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan saking masih rendahnya tingkat keterisian penumpang membuat banyak kursi kosong.

"Banyak kursi kosong, bisa tidur dimana saja, di kursi yang beda bahkan bisa main bola di sana (dalam pesawat)," kata Irfan menggambarkan kondisi sepinya penumpang.

Irfan menjelaskan penumpang pesawat Garuda saat ini didominasi mereka yang memang dituntut harus terbang karena alasan pekerjaan, seperti pegawai negeri sipil dan karyawan BUMN.

Dengan kondisi demikian, ia mengatakan sulit bagi Garuda dan maskapai lainnya untuk bertahan. "Saya ingin mengatakan Garuda atau Lion (Air Group) tidak mungkin kuat lama-lama," ungkapnya di Jakarta, Senin (22/6/2020).

Irfan mengkalkulasi kinerja maskapai pelat merah ini pada semester II tahun ini masih belum lepas landas karena realisasi jumlah penumpang yang masih cenderung lambat.

"Semua masih wait and see, kami masih melihat dinamika jumlah penumpang. Masih belum signifikan dan lambat kenaikannya," tandasnya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)