2 Penemuan Harta Karun yang Mencengangkan, Ada Miliaran Ton Emas di Dekat Bali

Jum'at, 27 Mei 2022 - 14:39 WIB
loading...
2 Penemuan Harta Karun yang Mencengangkan, Ada Miliaran Ton Emas di Dekat Bali
Penemuan harta karun di wilayah Indonesia selalu menarik untuk diulik, terlebih jika bernilai tinggi seperti emas dan logam tanah jarang. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Penemuan harta karun di wilayah Indonesia selalu menarik untuk diulik. Terlebih lagi jika harta karun itu bernilai tinggi dan punya banyak manfaat.

Beberapa temuan tersebut ada yang sudah akrab di telinga seperti halnya emas dan tembaga, namun ada juga yang belum dikenal luas seperti halnya mineral Logam Tanah Jarang. Ihwal temuan tersebut, berikut ini rangkumannya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Tembaga-Emas Onto Sebanyak 2 Miliar Ton

Salah satu yang teranyar adalah temuan terkait potensi sumber daya tembaga-emas Onto di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diperkirakan, penemuan di provinsi yang berdekatan dengan Pulau Bali tersebut mempunyai potensi sumber daya alam sebesar 1,1 miliar ton tembaga serta emas. Jika ditotal, sumber daya alam mineral ini mempunyai potensi lebih dari 2 miliar ton.

Penemuan pada 2021 merupakan temuan yang lebih besar dari tahun 2019. Pada Desember 2019, PT Sumbawa Timur Mining (STM) mengumumkan, total potensi sumber daya tembaga Onto ini mencapai 1,72 miliar ton.



Potensi sumber daya mineral Onto adalah bagian dari proyek Hu’u milik PT STM yang merupakan pemegang Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 yang ditandatangani pemerintah Indonesia pada Februari 1998.

Peningkatan potensi sumber daya mineral Onto sebesar 0,4 miliar ton adalah hasil kerja keras, dukungan, serta komitmen selama dua tahun terakhir.

Per Desember 2021, perkiraan potensi sumber daya mineral ini mempunyai total potensi 1,1 miliar ton @ 0,96% Cu (Tembaga), 0,58 g/t Au (Emas), serta potensi sumber daya mineral Tereka yang mencapai 1,0 miliar ton @0,7%Cu dan 0,4 g/t Au.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1448 seconds (11.252#12.26)