Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Menparekraf Bahas Resiliensi Keberlanjutan Pariwisata

Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:35 WIB
loading...
Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Menparekraf Bahas Resiliensi Keberlanjutan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Abdulla Shahid di Bali, Kamis (26/5/20220. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Abdulla Shahid. Pertemuan ini membahas konsep resiliensi keberlanjutan di sektor pariwisata.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Shahid memuji kesiapan dan resiliensi Indonesia utamanya di sektor pariwisata yang ditunjukkan dari tetap landainya jumlah angka Covid-19 walaupun restriksi mudik dilonggarkan.

Selain itu juga upaya aktif pemerintah sehingga tingkat vaksinasi lengkap telah mencapai lebih dari 70% yang merupakan sebuah pencapaian luar biasa bagi negara dengan populasi lebih dari 250 juta penduduk.

Selain itu, terkait penyelenggaraan G20, Presiden Shahid juga mengatakan bahwa negara-negara berkembang menaruh harapan besar kepada presidensi Indonesia untuk membawa mereka kepada kondisi yang lebih baik.

Pertemuan antara Menparekraf Sandiaga dilakukan di sela acara The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (26/5/2022).

"Konsep resiliensi keberlanjutan di sektor pariwisata ini menjadi fokus pemerintah Indonesia untuk masa mendatang dalam menghadapi risiko bencana," ujar Menparekraf Sandiaga, dikutip Jumat (27/5/2022).



Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa pemerintah Indonesia menawarkan kepada dunia konsep resiliensi berkelanjutan sebagai solusi untuk menjawab tantangan risiko sistemik menghadapi semua bentuk bencana, termasuk menghadapi pandemi sekaligus mendukung implementasi pembangunan berkelanjutan.

Menparekraf mengatakan saat menjadi pembicara dalam acara High Level Thematic Debate on Tourism yang diselenggarakan PBB di New York beberapa waktu lalu, dia telah menyampaikan Indonesia sudah jauh melangkah dalam implementasi konsep berkelanjutan.

Dia juga menyebut bahwa Bali adalah contoh yang baik dari tujuan wisata yang berkelanjutan, inklusif, dan tangguh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)