Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Karya Kreatif Indonesia 2022 untuk Percepat Kebangkitan Ekonomi

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:31 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi “Karya Kreatif Indonesia 2022” untuk Percepat Kebangkitan Ekonomi
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Gubernur BI Perry Warjiyo mengapresiasi salah satu produk pelaku UMKM dalam acara Karya Kreatif Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (27/5/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi acara pameran produk UMKM “Karya Kreatif Indonesia 2022” yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).

Baca juga: Quality of Spending Tinggi, Menparekraf Sandiaga Bidik Pasar Malaysia & Singapura untuk Wisata Golf di Belitung

Kehadiran kembali Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang ketujuh ini menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif yang telah melalui proses kurasi untuk memamerkan dan mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif unggulan, serta meningkatkan akses pasar, sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Saya sangat mengapresiasi BI yang telah konsisten menyelenggarakan festival Karya Kreatif Indonesia. Ini merupakan ajang promosi sekaligus kita mengapresiasi karya-karya kreatif anak bangsa,” kata Menparekraf Sandiaga usai menghadiri pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2022, di JCC, Jakarta, Jumat (27/5/2022).

“Kami melihat ini adalah bagian dari kolaborasi untuk memastikan para pelaku UMKM terdigitalisasi dan bisa menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi dalam tatanan inovasi baru pascapandemi yaitu berpihak kepada UMKM dan mengangkat kemampuan mereka,” kata Menparekraf Sandiaga.

Dalam pelaksanaan Karya Kreatif Indonesia, BI bersinergi dengan 13 kementerian/lembaga, lima asosiasi, 26 industri, kalangan perbankan, penyedia sistem pembayaran, marketplace, eksportir, hingga para desainer.



KKI 2022 berlangsung selama empat hari, mulai dari 23 – 29 Mei 2022, di Hall A Jakarta Convention Center. Sebanyak 200 pelaku ekonomi kreatif berpartisipasi pada pameran ini secara offline dan 500 pelaku ekraf mengikuti secara online.

Melalui pameran KKI yang menjadi bagian dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja, Menparekraf Sandiaga pun optimistis pelaku ekonomi kreatif mampu menjadi lokomotif dalam kebangkitan ekonomi pascapandemi. Karena 90 persen pelaku ekonomi kreatif di dominasi oleh UMKM dan 97 persen menyerap tenagar kerja.

Menparekraf Sandiaga yang juga berperan sebagai Ketua Harian Gernas BBI menjelaskan sejak diluncurkan 14 Mei 2020, Gernas BBI telah berhasil mendorong terbukanya peluang usaha.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2116 seconds (11.210#12.26)