4 Harta Karun Indonesia yang Diekspor ke Eropa

Kamis, 02 Juni 2022 - 13:25 WIB
loading...
4 Harta Karun Indonesia yang Diekspor ke Eropa
Sedikitnya ada empat harta karun Indonesia yang diekspor ke Eropa. Mulai dari kopi, biji coklat, karet hingga minyak sawit. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat harta karun Indonesia yang diekspor ke Eropa. Mulai dari kopi , biji coklat, karet hingga minyak sawit.

Indonesia memiliki kekayaan harta karun yang berlimpah. Bukan hanya dari hasil tambangnya saja, hasil kebun dan peternakan juga merupakan kekayaan alam milik negeri ini. Banyak negara di dunia yang menginginkan hasil dari tanah Indonesia ini.
Baca juga : Inilah Harta Karun Indonesia Paling Wangi di Dunia

Berikut empat harta karun Indonesia yang di ekspor ke sejumlah negara di Eropa seperti yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Biji Kopi

Kopi menjadi komoditas ekspor indonesia ke Jerman. Salah satu harta karun Indonesia yang satu ini memang banyak diminati di negara Eropa. Selain ke Eropa, biji kopi Indonesia juga dikirimkan ke Amerika Serikat.

Indonesia sempat mengekspor hasil petani kopi yang mencapai 42.3 ton untuk Jerman pada 2018 lalu. Ekspor ini berada di peringkat kedua setelah Amerika Serikat menempati yang pertama.

2. Karet

Harta karun selanjutnya yang diekspor ke Eropa adalah karet. Peminatnya sendiri adalah Rusia, namun karena adanya perang antara Rusia dengan Ukraina, jumlah ekspor Indonesia ke Rusia mengalami penurunan.

Sebelumnya Negeri Beruang Merah ini merupakan negara yang menjadi tempat perdagangan ekspor Indonesia meskipun bukan pasar utama bagi komoditas ekspor Indonesia untuk bahan karet. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor barang Indonesia ke Rusia pada Maret 2022 sebesar US$67,5 juta, turun 48,66% dibanding setahun sebelumnya.

3. Minyak Kelapa Sawit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)