Ratusan Lebih CPNS Mengundurkan Diri, DPR Sebut 3 Aspek Ini Menjadi Penyebab

Kamis, 02 Juni 2022 - 23:45 WIB
loading...
Ratusan Lebih CPNS Mengundurkan Diri, DPR Sebut 3 Aspek Ini Menjadi Penyebab
Menyoroti fenomena banyaknya CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang belakangan mengundurkan diri, DPR sebut ada 3 faktor yang disinyalir menjadi penyebabnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) RI menyoroti fenomena banyaknya CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang belakangan mengundurkan diri. Hingga saat ini tercatat setidaknya sudah ada 105 CPNS yang memilih mundur.



Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera menduga terdapat 3 aspek terkait banyaknya para CPNS yang mengundurkan diri belakangan ini selain aspek gaji yang dinilai tidak terlalu besar.

"Kami menduga setidaknya ada 3 alasan, pertama adanya ketidakpastian, mereka itu setelah ditetapkan sudah diterima dengan diangkatnya jadi PNS itu waktunya sangat tidak pasti," ujar Mardani kepada MNC Portal, Kamis (2/6/2022).

Mardani menjelaskan, bahkan ada yang sudah lebih dari satu tahun lebih belum dapat NIP (Nomor Induk Pegawai). Selain itu menurutnya juga saat ini ada beberapa CPNS yang belum dapat surat pengangkatan PNS.

"Sehingga selama masa tunggu itu ada banyak kejadian, misal mereka mendapat tawaran kerja dari tempat lain," sambungnya.

Selain itu menurutnya terkait remonerasi atau pembayaran atau kompensasi yang diterima untuk layanan atau pekerjaan. Ini termasuk gaji pokok dan bonus atau tunjangan ekonomi lainnya yang diterima karyawan selama bekerja.

"Selain itu beberapa daerah ditempatkan di daerah 3 T, terluar, terdepan, tertinggal, tapi angka remonerasinya tidak mencerminkan keadilan. Mestinya pemerintah betul-betul memperhatikan mereka yang ditempatkan 3 T tadi," kata Mardani.



Selanjutnya yang kemungkinan juga menjadi penyebab banyaknya CPNS yang mengundurkan diri sudah tidak ada pejabat eselon III dan IV. "Kemungkinan penempatan mereka menjadi tidak sesuai yang diharapkan," kata Mardani.

Sehingga menurutnya mulai dari gaji yang kecil, pengangkatan yang lama serta penempatan yang jauh di daerah yang menjadi penyebab banyaknya CPNS yang mengundurkan diri.

"Itu menurut saya harus ada penyelidikan yang saksama untuk mendapatkan jawaban yang pasti, karena ini penting agar tidak terjadi bencana berikutnya," pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)