Rusia Dihantam Paket Sanksi Terbaru Uni Eropa, Intip Fakta-faktanya

Minggu, 05 Juni 2022 - 17:45 WIB
loading...
Rusia Dihantam Paket Sanksi Terbaru Uni Eropa, Intip Fakta-faktanya
Negara-negara Uni Eropa (UE) telah mencapai kesepakatan tentang paket sanksi keenam mereka terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina. Berikut beberapa elemen utama dan fakta-fakta dari sanksi itu. Foto/Dok
A A A
BRUSELLS - Negara-negara Uni Eropa (UE) telah mencapai kesepakatan tentang paket sanksi keenam mereka terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina. Termasuk di dalamnya larangan impor pada semua minyak mentah dan produk minyak bumi di laut Rusia dalam enam hingga delapan bulan.



Kepala Dewan Eropa, Charles Michel menyakini, kesepakatan itu dapat memotong sumber pembiayaan yang sangat besar untuk mesin perang Rusia. Ini adalah bagian dari paket sanksi Uni Eropa keenam yang disetujui pada pertemuan puncak di Brussels, yang disepakati oleh semua 27 negara anggota.

Berikut beberapa elemen utama dan fakta-fakta dari paket terbaru UE terhadap Rusia:

Embargo Minyak Mentah

UE akan berhenti membeli semua minyak mentah Rusia yang dikirim melalui laut atau setara dengan 2/3 dari semua impor minyak mentah Rusia oleh UE. Larangan impor minyak Rusia mulai berlaku awal Desember, dan akan melarang semua produk olahan minyak Rusia dua bulan kemudian.



Pengiriman minyak mentah Rusia melalui pipa Druzhba, yang berjalan melintasi Polandia, Jerman, Hongaria, Slovakia, dan Republik Ceko, akan dibebaskan dari embargo untuk waktu yang tidak terbatas.

Akan tetapi Polandia dan Jerman mengatakan, mereka akan berhenti menggunakan pipa tersebut pada akhir tahun 2022, sehingga pengurangan impor minyak Rusia ke UE menjadi 90% pada akhir 2022.

Pada tahun 2021, UE tercatat sudah mengimpor minyak mentah senilai 48 miliar euro (USD51 miliar) dan 23 miliar euro produk olahan dari Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)